UKESMA UGM Gelar Aksi Donor Darah

43

BALIPORTALNEWS.COM – Unit Kesehatan Mahasiswa (Ukesma) Universitas Gadjah Mada kembali menggelar aksi donor darah di lingkungan kampus UGM.

Aksi Donor Darah ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama dalam bentuk pemenuhan kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, diselenggarakan dalam rangka memperingati ulang tahun Uksema  yang ke 33.

“Aksi Donor Darah ini berlangsung pada hari Rabu hingga Jumat tanggal 2-4 Mei 2018 yang tersebar di area UGM,” kata Ketua Ukesma UGM, Arvin Kresnaufal dalam rilis yang disampaikan Jum’at (11/5/2018).

Beberapa lokasi penyelenggaraan aksi donor darah diantaranya Perpustakaan Pusat UGM, Selasar Akademik Fakultas Pertanian, Selasar Kantor Pusat Fakultas Teknik, dan Selasar Kesehatan Hewan Sekolah Vokasi. Dalam kegiatan dilaksanakan mulai dari pukul 08.00 – 14.00 WIB dan mendapat respon positif dari semua civitas akademika UGM.

“Total pendaftar pendonor ada 670 orang,” jelasnya.

Arvin berharap melalui acara ini dapat membantu kebutuhan darah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang sering mengalami defisit. Selain itu juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berbagi darah bagi yang membutuhkan

Penanggungjawab acara aksi donor darah, Desta menyampaikan bahwa aksi donor darah kali ini merupakan bagian dari program kerja dari divisi Pengabdian Masyarakat Unit Kesehatan Mahasiswa periode 2018. Diadakan bekerjasama dengan UPTD RS Dr. Sardjito, PMI Kab. Sleman, PMI Kab. Kulonprogo, PMI Kota Yogyakarata, dan PMI Kab. Bantul.

“Selama 3 hari acara aksi donor darah ini terkumpul 380 kantong darah, melebihi target awal yang hanya 250 kantong. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi bagi masyarakat dan akan terus berkembang serta semakin baik kedepannya,” harapnya.(ika/humas-ugm/bpn)