BALIPORTALNEWS.COM – Angelo Abil Wijaya, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada terpilih mengikuti program Write to China yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia  (FPCI) dan Kedutaan Besar Republik Rakyat Cina di Indonesia.

Angelo terpilih sebagai pemenang kompetisi menulis esai ini dengan mengajukan tulisan yang membahas berbagai tantangan yang mungkin muncul di masa depan dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan RRC. Secar aspesifik dia membahas peran media sosial dalam pembentukan persepsi generasi muda akan isu tertentu, terutama mengenai mitra bilateral Indonesia.

Bersama dengan 19 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Indonesia lainnya yang terpilih sebagai pemenang kompetisi esai ini, Angelo diberikan kesempatan untuk melakukan studi banding ke provinsi Fujian, China. Selama tujuh hari, 14-20 April 2018 lalu mereka melakukan sejumlah kegiatan di provinsi tersebut bersama dengan 20 mahasiswa Tiongkok.

Beberapa diantaranya kunjungan ke beberapa universitas seperti Xiamen University, Jimei University, Sanming University, dan Minnan Normal University. Selain itu juga melakukan kunjungan ke perusahaan teknologi serta tempat kebudayaan dan bersejarah yang berada di kota Xiamen, Sanming, hingga Fuzhou.

 “Melalui program ini semakin memperluas perspektif terhadap dunia internasional dan meningkatkan pemahaman serta diplomasi antar dua negara melalui people to people exchange,”jelasnya, Rabu (9/5/2018).

Angelo menambahkan dengan kunjungan ke China ini semakin mempererat hubungan kerja sama antara Indonesia dan China. Keduanya telah lama menjali kerja sama, terutama pada masa pemerintahan Presiden Sukarno.

“Indonesia dan China merupakan negara yang menentang penjajahan dan menghargai perbedaan,” pungkasnya. (ika/humas-ugm/bpn)