Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sabtu (26/5/2018) lalu dipadati ribuan guru, mulai dari guru PAUD dan TK, guru sekolah dasar (SD) dan guru sekolah menengah pertama (SMP) baik sekolah negeri maupun swasta se-Kabupaten Badung.

Para guru ini mendapat pengarahan khusus dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, dalam upaya meningkatkan kinerja guru di Kabupaten Badung. Bupati Badung pada kesempatan tersebut didampingi Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga I Ketut Widia Astika.

Dalam pengarahannya Bupati Giri Prasta menekankan, komitmen Pemkab Badung utamanya dalam meningkatkan sektor pendidikan khususnya peningkatan kinerja guru, telah dituang dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang mencakup lima bidang prioritas salah satunya pendidikan.

Disampaikan bahwa di tahun 2019 Kabupaten Badung harus menjadi center of excellence, bagaimana edukasi, bagaimana human resources bisa dilakukan dengan baik, sudah barang tentu diberikan sepenuhnya kepada para guru sekolah. Karena guru sekolah yang akan meningkatkan kecerdasan kehidupan berbangsa dan bernegara menjadikan anak-anak didik sebagai generasi penerus bangsa yang berkualitas dan bermutu.

Baca Juga :  Provinsi Bali Kembali Memperoleh Predikat Angka Prevalensi Stunting Terendah Se-Indonesia

Melihat undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional, Bupati Giri Prasta ingin kedepan kesejahteraan tenaga pendidik di Kabupaten Badung menjadi prioritas, tentunya dengan meningkatkan tunjangan para guru.

“Kami akan tingkatkan tunjangan guru, karena guru mendapatkan gaji dari pusat, tunjangan dari provinsi dan dapat diberikan melalui dana APBD. Ini yang harus kami tingkatkan, dengan catatan guru harus melakukan kewajibannya dengan baik, haknya akan kita tambah, kewajibannya akan kita minta lebih maksimal lagi. Ada pepatah mengatakan orang hebat hanya mampu menghasilkan beberapa karya yang bermutu, akan tetapi guru yang bermutu akan menghasilkan ribuan orang-orang hebat,” ungkap Giri Prasta.

Baca Juga :  Buka Bimtek Aplikasi SRIKANDI, Sekda Dewa Indra Apresiasi Pemutakhiran Tata Kelola Bidang Kearsipan

Disamping itu Giri Prasta juga menyampaikan pemkab badung akan selalu mendukung pendidikan mulai dari hulu sampai ke hilir, demi terwujudnya pendidikan yang bermutu dan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas di seluruh sekolah di kabupaten badung. Untuk itu para guru, kepala sekolah dan pengawas agar memahami dengan sungguh-sungguh tugas pokok dan fungsi sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

Sementara Kadisdikpora Badung I Ketut Widia Astika melaporkan peserta kegiatan ini diikuti oleh para guru dari tingkat guru paud dan guru TK sebanyak 1.345 orang (359 orang sudah sertifikasi dan 986 orang belum tersertifikasi) yang mendidik sebanyak 14.541siswa. Guru SD 3.692 orang, dari jumlah tersebut PNS 1.936 orang, non PNS 1.756 orang, 1.873 orang sudah sertifikasi dan 1.819 orang belum sertifikasi. Guru SMP sebanyak 1.746 orang (524 orang sudah sertifikasi dan 1.222 orang belum sertifikasi) dengan jumlah 6.783 guru se-badung. (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News