BALIPORTALNEWS.COM, MEDAN – PT Link Net, Tbk pemimpin dan pioneer di industri TV kabel dan Internet broadband di Indonesia dengan brand First Media, secara resmi meluncurkan layanannya di kota Medan pada Kamis (3/5/2018) kemarin.

Peresmian layanan First Media yang berlangsung di Hotel Aryaduta dilakukan oleh Marlo Budiman, Presiden Direktur PT Link Net, Tbk beserta eksekutif PT Link Net, Tbk. First Media memahami peran dan kontribusi kota Medan terhadap percepatan ekonomi Indonesia, dan pentingnya infrastruktur jaringan Broadband untuk memastikan keberlanjutan serta keberadaan kebutuhan perumahan, perusahaan dan pemerintah di tengah-tengah transformasi digital yang dinamis dengan produk dan layanan ISP premiumnya yang kompetitif dan superior, internet broadband tercepat dan unlimited hingga 1Gbps, lebih dari 100 saluran dan TV High Definition (HD) yang paling banyak ditawarkan di Indonesia dengan 70 HD channels, 4K channels, juga Value Added Service (VAS).

Pengembangan telah dimulai dari tahun 2017, dimana pada kuartal I 2018 First Media telah memiliki 17.455 homes passed yang dibangun di daerah strategis, dan akan bertambah menjadi 45.973 pada akhir tahun 2018, dan mencapai 85.973 pada tahun 2020. Di Medan, First Media akan menawarkan produk dan pelayanan yang sama dengan kota lainnya di Indonesia: layanan super speed home broadband dan superior pay TV, “X1-4K Smart Box” dan “X1 Smart Box PRIME” (Android set-up-box terbaru dan Google 7.0 Nougat), dilengkapi dengan fitur Google Chromecast yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menampilkan gambar yang ada di Smartphone ke TV secara langsung (Throw Content).

Selain itu, Smart Box X1 Prime memberikan pilihan untuk menikmati hiburan dengan kualitas 4K Ultra HD yang membuat tontonan seperti nyata (life-like images) dengan ketajaman dan warna yang luar biasa. Ini adalah fitur tambahan yang sudah ada dan terkenal “7 day’s catch-up”, “PVR” (rekaman), “VOD”, yang memperkaya pengalaman hiburan TV (tayangan) di rumah. Kami juga memiliki layanan OTT di rumah “FirstMediaX” (FMX) – layanan TV dimana saja sehingga pelanggan dapat menikmati tayangan favorit mereka dimana saja (on-the-go); Kerjasama OTT dengan HOOQ dan CATCHPLAY untuk memperluas daftar pilihan film First Media.

Satu lagi yang penting adalah “Smart Living” dari First Media untuk digital household yang membutuhkan keamanan, kenyamanan dalam sentuhan jari melalui gadget yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.

“Perluasan layanan ke Medan merupakan bagian dari strategi ekspansi First Media di wilayah Sumatera. Kota Medan saat ini menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi pulau Sumatera. Berdasarkan data BPS pada Mei 2017, kota Medan menyumbang sebesar 1,41% dari ekonomi Indonesia. Kehadiran layanan First Media di kota Medan diharapkan ikut mendukung program pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital yang sekarang ini semakin penting bagi Indonesia. Cable roll out sudah dimulai sejak Juni 2017. Kami akan terus mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah ini dan Indonesia secara keseluruhan dengan menyediakan infrastruktur internet broadband dan TV via kabel sebagai bagian komitmen kami meningkatkan konektivitas masyarakat Indonesia,” ungkap Marlo.

Kota Medan, saat ini populasi penduduknya mencapai 2,2 juta orang, menjadikannya kota keempat terbesar di Indonesia. Jumlah pengguna internet di Medan saat ini mencapai 994.000 pengguna internet (data Nielsen, November 2017). Selain itu kontribusi yang besar untuk ekonomi Indonesia menjadikan kota Medan menjadi pusat pertumbuhan untuk pulau Sumatera. Konektivitas saat ini menjadi syarat bagi pertumbuhan ekonomi negara.

Terutama dengan prospek ekonomi yang sudah mulai bertumpu pada ekonomi digital yang di tahun 2018 diperkirakan mencapai 8,5% dari PDB Indonesia (data Indef tahun 2017) dan berpotensi terus naik secara signifikan. Membuat semakin penting hadirnya infrastruktur jaringan yang mendukung pertumbuhan ekonomi digital.

“Posisi Medan sebagai pusat bisnis dan pendidikan di pulau Sumatera, menjadi salah satu poin penting bagi First Media. Kami ingin terlibat lebih jauh untuk ikut mengembangkan kota ini dengan menyediakan infrastruktur internet dan juga menyediakan hiburan terbaik,” tutup Marlo. (r/bpn)