BALIPORTALNEWS.COM – Memberikan mainan sesuai dengan kebutuhan usia anak akan membantu perkembangan anak. Hanya saja, saat ini belum banyak mainan di pasaran yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan usia anak-anak.

Kondisi ini mendorong sekelompok mahasiswa UGM mengembangkan produk mainan yang didesain sesuai kebutuhan usia anak. Produk tersebut berupa mainan anak yang dikemas dalam bentuk buku dari kain flanel yang dinamai Fabric Activity Book (FAB).

Buyung Luhur Pambudi, pemgembang FAB menyampaikan bahwa mainan yang dikembangkan memiliki konsep sesuai kebutuhan anak. Berguna untuk menstimulus otak sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Mainan ini praktis berentuk buku supaya tidak berceceran dan mudah dibawa kemana saja,” jelas mahasiswa Bahasa Perancis SV UGM, dalam rilis yang diterima Rabu (30/5/2018).

Selain itu, mainan dibuat secara homemade dan pembuatan menggunakan kain sehingga aman bagi anak. Pembuatan FAB dilakukan Buyung bersama dua rekannya Herlinda Aprianti (D3 Bahasa Inggris SV) dan Adi Wahyu Saputra(Akuntansi FEB). Produk ini berhasil lolos mendapatkan dana hibah Dari Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan 2018.

FAB memiliki sembilan halaman dengan aktivitas yang berbeda. Dengan begitu, orang tua dapat memilih berbagai aktivitas sesuai dengan usia buah hatinya.

Buyung mengatakan pembeli bisa memesan buku dengan tema sesuai keinginan dan diberi nama anak. Dilengkapi pula dengan penjepit yang mudah untuk dibuka untuk memindahkan halaman dan mengurutkan aktivitas yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mainan ini juga disertai dengan katalog tentang aktivitasnya. Katalog berguna untuk membantu orang tua tentang tata cara penggunaan dan manfaat-manfaat yang diperoleh. Katalog diperinci per halaman sehingga orang tua mudah memahami maksud dari aktivitas tersebut.

Nah, bagi Anda yang berminat memiliki buku ini bisa memesan melalui instagram Fabric Actiity Book di @fabricaktivitybook. Mainan yang dibandrol Rp.200 ribu ini juga dapat diperoleh di sejumkah toko perlengkapan bayi yang telah bermitra. (ika/humas-ugm/bpn)