BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dewan Koperasi Pimpinan Daerah (Dekopinda) Kabupaten Tabanan, baru-baru ini menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) Koperasi Berbasis Kompetensi bagi Kasir Koperasi Kabupaten Tabanan, di Aula Gedung Dekopinda Tabanan.

Ketua Dekopinda Kabupaten Tabanan Nyoman Wirna Ariwangsa mengungkapkan, diklat untuk kasir koperasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan SDM para kasir koperasi, agar mereka bisa bekerja profesional.

“Kasir koperasi merupakan profesi yang sangat menentukan dan memiliki peranan penting, karena sebagai garda terdepan dalam pembukuan. Salah dalam mengentri data, maka seluruh pembukuan berikutnya juga akan salah,” katanya.

Ariwangsa yang juga Sekda Tabanan ini menyebutkan, dalam diklat ini, para kasir koperasi tidak hanya dilatih dalam bidang pembukuan, namun juga diberikan pembekalan manajemen hingga pengoperasian komputer.

“Banyak koperasi di Tabanan yang tidak bisa berkembang karena kasir tidak berkompeten. Dengan diklat ini, ke depan koperasi di Tabanan, semua tenaga kasir berkompeten,” harapnya.

Sementara Ketua Panitia Diklat I Wayan Westa mengungkapkan diklat untuk kasir koperasi diikuti 30 orang utusan  dari koperasi se-Kabupaten Tabanan. “Narasumber diklat dari Dekopinda, Dinas Koperasi dan UKM, serta tenaga profesional dari akademisi,” katanya. (ita/bpn)