TNI Bersihkan Sampah Plastik di Pinggir Danau Beratan

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Hasan Abdullah memimpin gerakan kebersihan serentak di sekitar pinggiran Danau Beratan, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Jumat (6/4/2018). Aksi tersebut dengan sasaran utama berupa sampah plastik.

Kegiatan yang berlangsung sekitar dua jam itu juga melibatkan Camat Baturiti beserta staf, anggota jajaran Polsek Baturiti, Rindam IX/Udayana, Minvetcad, Gudmurah, anggota Kodim Tabanan, pelajar SMP dan SMA Baturiti, dan sejumlah pengelola objek wisata di Baturiti.

Karya bakti kebersihan serentak tersebut, diselenggarakan dalam rangka peduli lingkungan, yakni melalui metode binter karya bakti TNI peduli lingkungan. Mereka berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan dan instansi terkait, pengelola DTW Ulun Danu Beratan, masyarakat di Candikuning, ormas, pelajar, serta anggota TNI dan Polri.

“Kegiatan karya bakti kali ini berupa pembersihan sampah plastik, yang dilakukan secara serentak di sepanjang pinggiran Danau Beratan,” ujar Dandim Hasan Abdullah, seraya mengimbau kepedulian masyarakat dengan dimulai dari kesadaran diri terhadap lingkungan, sehingga tercipta ramah lingkungan yang damai, bersih, dan sehat.

Aksi kebersihan tersebut dimulai dengan mengumpulkan sampah organik dan nonorganik. Sampah tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam kantong plastik dan dikumpulkan di truk-truk sampah yang disiapkan DLH Kabupaten Tabanan, yang kemudian dibuang ke lokasi TPA Kecamatan Baturiti. (ita/bpn)