BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Gaya hidup modern yang membuat aktifitas serba praktis dan bisa dilakukan dimana saja kapan saja membuat pola hidup konsumtif semakin mendapat angin. Dukungan teknologi canggih yang dengan berkembang begitu pesat semakin memudahkan gaya hidup konsumtif.

Namun disadari atau tidak, gaya hidup seperti ini memiliki efek yang kurang baik bagi keuangan seseorang. 3 (tiga) cara mudah ini dapat mengubah gaya hidup boros alias konsumtif:

!. Kebutuhan Harus Diutamakan
Utamakan kebutuhan dibanding hal-hal lain yang menurut Anda menarik. Bila kebutuhan sudah terpenuhi,belilah barang yang menurut Anda menarik atau yang Anda inginkan. Jadi yang perlu di ingat, memenuhi kebutuhan terlebih dahulu dan mengesampingkan keinginan.

2. Hindari Jalan-Jalan Terlalu Lama di Pusat Perbelanjaan
Di pusat perbelanjaan sebaiknya tidak berlama-lam cuci mata, hal seperti ini berpotensi menimbulkan keinginan berbelanja yang tidak terencana. Bila Anda melihat suatu barang yang di display sebuah toko, bisa jadi Anda langsung tertarik meski barang tersebut beum tentu ada di daftar belanjaan Anda.

3. Teliti Sebelum Membeli
Dibandingkan membeli barang berdasarkan merek, akan lebih bijak bila membeli barang berdasarkan fungsinya.
Yang tidak kalah penting, sebaiknya barang yang dibeli memang Anda butuhkan. Hindari membeli barang karena ingin dibilang keren atau sekedar ikut-ikutan. Dengan beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah tersebut, semoga membuat Anda semakin mudah mengendalikan diri membeli barang yang kurang penting agar keuangan Anda selalu aman dan Stabil.(rsv/bpn)