BALIPORTALNES.COM, BADUNG – Ribuan relawan dari unsur PNS OPD Badung, TNI, Polri, Komponen Pariwisata serta siswa sekolah, Jumat (6/4/2018) ramai-ramai turun membersihkan Pantai Kuta.

Aksi yang dikoordinir Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung ini dilaksanakan serangkaian komitmen Badung mensukseskan International Monetary Fund (IMF) Annual Meeting World Bank yang akan digelar di Nusa Dua Oktober mendatang.

Menurut Kepala DLHK Badung, Putu Eka Merthawan dihubungi terkait aksi bersih-bersih tersebut mengungkapkan, kegiatan ini mengusung tema aksi Pantai Kuta bersih tanpa plastik. Kegiatan yang diikuti oleh 4000 orang dari berbagai elemen ini dilaksanakan sejak pukul 06.30 Wita dengan menyasar seluruh pesisir Pantai Kuta.

Eka Merthawan mengungkapkan aksi nyata dari 4000 orang relawan ini berasal dari PNS Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Badung, TNI, Polri, Komponen Pariwisata, siswa SMP dan SMA Se Kecamatan Kuta.

“Ini adalah bentuk semangat menyambut event dunia IMF Annual Meeting World Bank Oktober 2018 di ITDC Nusa Dua melalui bersih pantai,” ujarnya.
Hal ini sambungnya juga sebagai cerminan Badung siap menjadi tuan rumah event dunia ini.

Dipaparkannya lebih jauh, aksi yang menjadi fokus DLHK adalah perwajahan Badung. Seperti taman, kebersihan jalur utama, tata kelola sampah rumah tangga serta sampah plastik dan sampah pantai. Termasuk juga penanganan limbah industri dan rumah tangga, kebersihan hutan bakau serta penataan ijin lingkungan.
“Aksi pagi ini adlaah untuk sosialisasi kepada semua komponen Badung siap menjadi tuan rumah yang baik dan elegan,” imbuhnya.

Ditanya sampah yang berhasil dikumpulkan, Eka Merthawan mengungkapkan dengan melibatkan 4000 orang yang terdiri dari banyak komponen relawan yang hadir berhasil dikumpulkan sampah sebanyak 10 truk atau sebesar 20 ton. Dimana sampah tersebut dominan adalah sampah plastik.

Meski begitu dia memastikan aksi sosial ini tidak akan berhenti hanya hari ini, namun direncanakan akan dilakukan setiap dua minggu sekali. Dimana nantinya aksi seperti ini akan dilaksanakan di semua tempat yang terkait event tersebut.
Aksi sosial ini juga mendapat sambutan positif dari sejumlah wisatawan yang hadir di Pantai Kuta pagi tadi. (humas-badung/bpn)