Jangan Rusak Keuangan Anda Dengan Gaya Hidup Hedonisme dan Konsumtif

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Hedonisme merupakan gaya hidup konsumtif yang menjadi bagian masyarakat urban. Gaya hidup hedonisme menonjolkan kesenangan, menghamburkan uang, dan kemewahan serta berfoya-foya. Gaya hidup ini biasanya diiringi dengan penghasilan yang semakin meningkat. Tidak jarang banyak orang lebih memilih berutang ketimbang menurunkan gaya hidupnya menjadi lebih sederhana.

Dikatakan hedonisme bila seseorang sudah mengejar dan menghabiskan uang banyak untuk memenuhi keinginan dan beragam objek yang membuatnya tertarik. Ragam objek yang dapat memberi kesenangan hidup misalnya makanan, fashion, tempat nongkrong, dan barang mewah.

Disadari atau tidak bila seseorang konsumtif maka memiliki dampak kurang baik bagi finansialnya. Konsumtif merupakan gaya hidup yang bersifat pemborosan. Pemborosan itu sendiri suatu perilaku yang berlebihan melampaui apa keperluan kita saat ini atau dimasa nanti.

Sewaktu memiliki daya beli, konsumtif terasa menyenangkan dan dengan mudah membeli segala sesuatu yang belum tentu dibutuhkan. Tidak menyadari perilaku konsumtif dapat menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Bukanlah hal yang mudah disaat gaya hidup sudah meningkat dan untuk menurunkannya perlu sedikit waktu.

Mulai saat ini sebaiknya Anda membiasakan hidup lebih sederhana, mengatur keuangan lebih bijak dan hemat. Hindari berutang hanya untuk sesuatu yang bersifat konsumtif demi memenuhi tuntutan gaya hidup yang tidak berujung.(rsv/bpn)