BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung melalui Badan Penelitian dan pengembangan (Balitbang)  mengadakan “Sayembara Desain Mangupura Award”. Kegiatan dengan total hadiah Rp50 juta itu digelar meliputi lomba desain Logo 2 dimensi, Desain Tropy 3 Dimensi dan Desain Poster. Peserta terbuka untuk umum warga negara Indonesia kecuali dewan juri dan keluarga, pegawai di Pemkab Badung.

Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara menjelaskan, Seyembara Desain Mangupura Award digelar dalam rangka peanugrahan Mangupura Award pemerintah Kabupaten Badung. “Sayembaranya ada tiga jenis, Desain Logo 2 dimensi, Desain Tropy 3 Dimensi dan Desain Poster. Setiap karya melampirkan filosofi dari konsep desain dalam pormat pdf berisi uraian makna logo yang dibuat,” katanya, Selasa (24/4/2018).

Dijelaskanya, karya desain logo 2 dimensi merupakan gambar sketsa dengan arti tertentu yang mewakili suatu daerah, lembaga organisasi perusahaan, Trophy atau piala menampilkan citra Mangupura Award melalui penyajian dalam bentuk 3 dimensi, dan desain poster adalah media publikasi yang terdiri dari tulisan atau gambar atau pun kombinasi tulisan dan gambar. “Peserta seyembara ini tanpa dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Karya yang dilombakan merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasi dan peserta wajib memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Panduan dan informasi dapat diakses melalui bit.ly/PanduanSayembara dan pendaftaran peserta dapat diakses melalui bit.ly/PendaftaranSayembara. Info lebih lanjut dapat menghubungi Kabid PIT Balitbang Badung di nomor 081236712333 atau Staf Balitbang 089605688087 atau mengirim ke email sayembaramangupura@gmail.com.

Jadwal pelaksanaan sayembara tahun 2018 meliputi, pengumunan/sosialisasi kegiatan 31 maret sampai – 26 April, pendaftaran dan registrasi 2 April sampai 2 Mei, penyerahan dokumen berupa hard copy rangkap enam dan soft copy 9 April sampai 23 Mei, pembukaan dokumen naskah desai dan evaluasi 24 Mei sampai 6 Juni, Pengumunan nominator 7 Juni, rapat penentuan pemenang, pengumuman pemenang dan berita acara penetapan pemenang 27 Juni, dan penyerahan hadiah dilakukan di bulan Juli 2018.

Hadiah yang diberikan berupa piagam dan uang tunai kepada juara I sebesar Rp25 juta, juara II sebesar Rp15 Juta dan Juara III sebesar Rp10 juta. Unsur penilaian akan menjadi perhatian dalam proses penilaian meliputi; relevansi logo, trophy dan posten dengan tema, estetika logo, trophy dan poster, aplikasi desain logo, trophy dan poster.

Untuk diketahui, Mangupura Award adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Badung kepada Perangkat Daerah, Perusahaan Daerah, Pemerintah Desa se-Kabupaten Badung, serta perseorangan masyarakat kabupaten Badung dalam strata (tingkat provinsi, nasional dan internasional) yang memperoleh pengakuan atas jasa dan prestasi bagi Kabupaten Badung. (humas-badung/bpn)