BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Ali Adriansyah Rusmiputro bersiap menghadapi musim keduanya pada ajang World Supersport 300 (WSSP300) di Sirkuit Motorland, Aragon, Spanyol, akhir pekan ini.

Berbagai latihan telah dilalui Ali Adriansyah demi memperoleh hasil yang memuaskan. Untuk menempa fisik, pebalap kelahiran 1993 menjalani berbagai program kebugaran salah satunya adalah dengan bersepeda. Bahkan Ali sempat menjadi juara pada Grand Fondo Bali, sebuah ajang balap sepeda pada awal Februari silam.

Berlatih di atas sepeda motor pun tetap ia lakukan. Selain untuk mempertajam skill dalam berkendara, latihan di Sirkuit Almeria yang Ali Adriansyah jalani juga membantu meningkatkan pengenalan sekaligus mengasah feeling terhadap Yamaha YZF-R3 yang menjadi tunggangannya.

Sejauh ini program latihan yang ia lakukan membawa hasil yang positif. Kepercayaan dirinya di atas sepeda motor semakin bagus dan tekniknya semakin matang. Hal tersebut terlihat saat ia turun di ajang CEV Supersport 300 sepekan silam di Sirkuit Albacete, Spanyol. Di balapan tersebut Ali Adriansyah berhasil meraih pole position dan sempat memimpin lomba sejak start. Sayang, ia ditabrak lawan dan membuat perjuangannya terhenti satu lap sebelum bendera finish dikibarkan.

Secara mental, pebalap yang kali ini berada di Yamaha MS Racing Team ini juga lebih siap. Suasana di tim barunya itu memberi dorongan untuk lebih berkembang. Menurut Ali Adriansyah hubungan dengan mekanik maupun manajemen tim sangat kompak. Begitu juga dengan rekan setimnya yaitu Dani Valle, Manuel Gonzalez dan Maria Herrera yang cukup akrab.

“Team MS Racing sangat kompak dan benar benar tidak ada jarak antar pebalap, antar mekanik dan bosnya,” ucap Ali Adriansyah. “Kita bertukar data dan pikiran, saat di box maupun saat makan siang.”

Di Motorland Aragon, Ali Adriansyah yang bernaung di bawah manajemen Mahkota Rusmindo International, mengaku akan fokus pada setiap sesi dan akan melakukan yang terbaik.

“Kita sudah melakukan persiapan yang sangat baik. Insyallah akan baik hasil tahun ini,” ujar Ali Adriansyah.

Sama seperti tahun lalu, balap pembuka WSSP300 musim 2018 akan digelar di Sirkuit Motorland Aragon, Spanyol. Weekend race diawali oleh sesi latihan bebas pada Jumat, 13 April, yang dilanjutkan dengan kualifikasi pada keesokan harinya. Balapannya sendiri akan berlangsung pada hari Minggu, 15 April pukul 14.20 waktu setempat atau sekitar pukul 19.20 WIB.

Di sirkuit yang memiliki panjang 5,077km dengan 17 tikungan ini, balap WSSP300 akan berlangsung sebanyak 11 lap atau menempuh jarak sejauh 55,8km.(r/bpn)