Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWSCOM – Sebagai bentuk dukungan dan komitmen terhadap budaya Bali, Astra Motor selaku main dealer resmi sepeda Motor Honda wilayah Bali, kembali berpartisipasi melalui Corporate Social Responsility (CSR) Honda Untuk Bali dalam festival omed-omedan sebagai rangkaian perayaan Hari Nyepi Caka 1940, yang dilaksanakan Seka Teruna (ST) Satya Dharma Kerti, Banjar Kaja, Sesetan, Minggu (18/3/2018) kemarin.

Omed-omedan merupakan tradisi unik yang digelar setiap tahun tepatnya 1 hari setelah perayaan Hari Nyepi yang disebut dengan Ngembak Geni. Tradisi omed-omedan tahun ini, mengambil tema “Jana Kerti”,tegaknya kesucian atau keseimbangan dalam diri sendiri bertujuan untuk dapat menguatkan vibrasi energi positif pada diri manusia yang merupakan bagian dari sad kerti secara sekala dan niskala, dan juga berbagi energi positif demi mencapai kerahayuan. Hal ini merupakan luapan kegembiraan warga dalam menyambut pergantian tahun saka dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi unik yang diperankan pemuda-pemudi warga Sesetan.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Bentuk dukungan yang dipersembahkan Honda dalam festival ini, berupa seragam seka teruna, membuka booth Honda Mobile Cafe yang tentunya menyediakan berbagai macam fasilitas menarik bagi pengunjung yang dapat menunjukkan kartu Semeton Honda Bali. Fasilitas yang diberikan di antaranya gratis minuman dingin, snack, dan merchandise menarik yang kesemuanya itu didapatkan dengan mengunjungi booth tersebut. Puluhan pengunjung yang membawa kartu semeton berbondong-bondong datang untuk mendapatkan fasilitas yang ditawarkan tersebut.

Festival Omed-omedan 2018, menampilkan tradisional parade yang diikuti  banjar-banjar lain seputaran wilayah Sesetan dengan menampilkan keunikan dan keistimewaan masing-masing banjar. Selain itu,masyarakat juga disuguhkan dengan aneka makanan khas Bali dalam peken paiketan krama Sesetan dengan total pedagang 100 stan. Selain makanan juga dilengkapi dengan berbagai pakaian Bali, lukisan Bali, dan pernak-pernik, serta perlengkapan sembahyang dan cek kesehatan gratis. Dukungan dan partisipasi seniman lokal Bali, dan dengan bintang tamu tahun ini yakni Lolot Band. Selain itu, performance dari paradigma band, Balikustik dan DGO feat Paff band.

Baca Juga :  Kinerja Dunia Usaha Bali Tetap Kuat Meskipun Sedikit Menurun di Triwulan I 2024

Menurut beberapa pengunjung, tradisi unik ini memang dinanti warga kota, termasuk masyarakat luar Bali dan wisatawan yang kebetulan lewat wilayah Sesetan. “Bali kaya dengan budayanya. Kegiatan Omed-omedan ini sangat positif karena merupakan salah satu bagian dari budaya Bali, kehadiran kami di sini sebagai wujud komitmen Honda Untuk Bali selama satu dasa warsa mendukung budaya Bali,”  ungkap Region Head Astra Motor Bali, Ronaldo Widjaja. (ngr/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News