Hadiri Perayaan HUT ke-16 Desa Mekar Bhuana, Bupati Ajak Masyarakat Tingkatkan Persatuan

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Desa Mekar Bhuana, Kecamatan Abiansemal, merayakan HUTnya yang ke-16 tahun 2018, yang dipusatkan di Lapangan Voly Desa Adat Tingas, Desa Mekar Bhuana, Minggu (11/3/2018) malam lalu.Puncak perayaan HUT Desa Mekar Bhuana tersebut dihadiri langsung Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi anggota DPRD Provinsi Bali IB Padakusuma, anggota DPRD Badung Made Ponda Wirawan.Hadir pula Camat Abiansemal, Perbekel se-Kecamatan Abiansemal serta Penglingsir Puri Lambing.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sangat mendukung perayaan HUT ini. Menurutnya kegiatan ini akan mampu meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat di Mekar Bhuana. Dikatakan, Pemkab Badung dengan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang menyeluruh dan terpola, telah menetapkan lima program prioritas pembangunan di badung meliputi; pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, seni, adat, agama dan budaya serta pariwisata. “Kelima prioritas program ini, sebagai upaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan meringankan beban masyarakat Badung, ” terangnya.

Lebih lanjut Giri Prasta juga berkomitmen mewujudkan Desa yang Mandiri dan Desa Berdikari di Kabupaten Badung, artinya Desa yang mampu berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi tuan di rumah sendiri. Untuk itu Bupati mendorong Desa di Badung untuk berinovasi dan menggali potensi wilayah masing-masing sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Perbekel Mekar Bhuwana I Gusti Made Sudiana menyampaikan terima kasih atas program kebijakan dari Bupati dan Pemkab Badung yang sangat dirasakan khususnya oleh masyarakat Mekar Bhuana. “Lima prioritas program melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana, telah kami rasakan. Mulai dari bedah rumah, kesehatan dan pendidikan gratis hingga pelestarian seni budaya,” jelasnya.

Atas dukungan program Pemkab badung yang menyentuh kebutuhan dasar masyarakat, pihaknya mengakui telah mampu menurunkan angka kemiskinan di tahun 2018, menjadi 170 KK. Dijelaskan pula Desa Mekar Bhuana memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.500 KK dengan 4.600 jiwa. Terbagi menjadi 5 (lima) banjar dinas dan banjar adat yaitu; banjar Samu, banjar Lambing, banjar Tingas, banjar Bindu dan banjar Sigaran.

Ketua Panitia I Gusti Ngurah Gde Agung Wiradarma melaporkan, serangkaian HUT Desa Mekar Bhuana tahun ini, beberapa kegiatan telah dilaksanakan seperti jalan santai, aksi sosial pemungutan sampah plastik, pemberian paket sembako kepada masyarakat penyandang disabilitas dan penyakit menahun. Dalam puncak HUT, digelar launching maskot desa Mekar Bhuana yakni Tari Gadung Mekar dan lagu maskot Sekar Gadung.Kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat dan Karang Taruna Purnajati Yowana Desa Mekar Bhuana. (humas-badung/bpn)