Atlet Berprestasi Akan Diterjunkan Pada Porjar Provinsi Bali

76

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Setelah berlangsung selama sepekan, Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) dan Pekan Seni Pelajar (PSP) Kabupaten Badung tahun 2018, Rabu (28/3/2018) lalu secara resmi ditutup oleh Bupati Badung diwakili Kadis. Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Badung I Ketut Widia Astika, di Lapangan Umum Mengwi.

Sebelum ajang tahunan ini ditutup, digelar pertandingan final Sepakbola jenjang SMA yang mempertemukan SMAN 1 Kuta Utara dan SMAN 1 Kuta Selatan. Dalam final tersebut SMAN 1 Kuta Utara berhasil meraih medali emas dengan mengalahkan SMAN 1 Kuta Selatan dengan skor akhir 1-0. Gol dicetak oleh nomor punggung 9, Saka.

Bupati Badung dalam sambutannya yang disampaikan Kadisdikpora I Ketut Widia Astika menyampaikan, Porjar dan PSP Badung telah menghasilkan para juara dan atlet maupun artis berprestasi yang akan dibina dan ditampilkan pada Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Propinsi Bali tahun ini. “Pembinaan dan latihan dengan metode yang tepat dan terarah harus segera dilakukan dengan dilandasi dedikasi serta loyalitas tinggi dari semua pihak. Pergunakan motto lebih baik mandi keringat dalam latihan daripada bermandikan air mata dalam pertandingan,” tegasnya.

Selaku pimpinan daerah di Badung, Bupati juga mengimbau semua pihak terutama masyarakat, jajaran pendidikan, para guru, komite sekolah untuk lebih proaktif membantu dan menfokuskan perhatiannya pada program pembinaan olahraga dan seni bagi pelajar. Diharapkan melalui porjar dan PSP ini dapat dimanfaatkan secara optimal bagi pelajar sebagai ajang memacu diri berkompetisi sehat dalam meraih prestasi sehingga Badung mampu melahirkan atlet dan artis pelajar yang berprestasi.

Porjar dan PSP Badung dibuka pada 23 Maret lalu berlangsung selama 6 hari dan diikuti sebanyak 8.543 orang atlet dan artis pelajar se-Badung. Untuk cabang olahraga, jenjang SMA/SMK, keluar sebagai juara I sekaligus Juara Umum diraih SMAN 1 Kuta Utara, total medali 49 emas, 26 perak, 30 perunggu. Juara II diraih SMAN 1 Kuta dengan total medali 33 emas, 27 perak, 21 perunggu. Juara III SMAN 1 Abiansemal total medali, 33 emas, 16 perak, 24 perunggu. Jenjang SMP, juara umum diraih SMPN 1 Mengwi, total medali 23 emas, 18 perak dan 41 perunggu. Juara II diraih SMPN 2 Kuta Utara, 23 emas, 17 perak, 17 perunggu, dan juara III SMPN 1 Abiansemal, 20 emas, 20 perak, 15 perunggu. Sementara jenjang SD, juara umum diraih Kontingen Kecamatan Mengwi dengan total medali 45 emas, 41 perak, 52 perunggu. Juara II Kontingen Kec. Kuta Selatan, 35 emas, 28 perak dan 42 perunggu, juara III diraih Kontingen Kec. Kuta Utara dengan 27 emas, 31 perak dan 39 perunggu. Kepada Kecamatan dan Sekolah yang meraih juara umum diberikan piala bergilir, piala tetap, piagam dan hadiah uang sebesar Rp. 10 juta, juara II piala tetap, piagam dan uang Rp. 7 juta serta juara III diberi piala tetap, piagam dan uang Rp. 4 juta.

Sedangkan di cabang seni, untuk jenjang SMP, juara umum diraih SMPN 1 Kuta Selatan dengan total medali 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Juara II diraih SMPN 1 Abiansemal dengan medali 2 emas dan 1 perunggu. Juara III diraih SMPN 1 Mengwi dengan 1 emas dan 2 perak. Untuk jenjang SD, juara umum diraih Kontingen Kec. Mengwi total medali, 5 emas, 1 perak, 1 perunggu, disusul juara II Kontingen Kec. Kuta Selatan, 2 emas, 3 perak, 1 perunggu, dan juara III Kontingen Kec. Abiansemal dengan 1 emas, 2 perak dan 5 perunggu.

Atlet terbaik jenjang SMA/SMK untuk putra diraih I Made Yogik Saputra cabang bola voli dari SMK Pariwisata Dalung. Atlet terbaik putri diraih Ni Made Vidya Dwina Yanthi cabang atletik dari SMAN 1 Abiansemal. Jenjang SMP, atlet terbaik putra diraih A.A. Gede Oka Satria Prabawa cabang renang dari SMPN 1 Abiansemal. Atlet terbaik putri diraih Ni Rai Bintang Putri Fajarini cabang karate dari SMPN 3 Mengwi. Jenjang SD, atlet terbaik putra diraih I Made Reva Lingga Wibawa cabang tarung derajat dari Kec. Kuta Utara dan atlet terbaik putri diraih Nyoman Aing Keizya Nanda Sahisma Dewanti cabang taekwondo dari Kec. Kuta Selatan. Atlet terbaik mendapat piala, piagam hadiah uang masing-masing Rp. 2 juta. (humas-badung/bpn)