160 Siswa SD Ikuti Seleksi Siswa Berprestasi

BALIPORTALNEWS.CON, DENPASAR – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, menyelenggarakan seleksi siswa berprestasi tingkat SD bertujuan demi mencari duta-duta Kota Denpasar untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Bali. Seleksi siswa berprestasi diikuti 160 siswa SD se-Kota Denpasar, berlangsung selama dua hari Selasa (13/3) dan Rabu (14/3) lalu.

Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Sukana, mengatakan, seleksi siswa berprestasi itu merupakan agenda nasional yang rutin digelar setiap tahunnya. Siswa yang saat ini mengikuti seleksi siswa berprestasi adalah para siswa yang pintar. Karena harus menguasai semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolahnya.

Mata pelajaran yang diujikan yaitu Bahasa Indonesia, IPA, PKn, Matematika, dan IPS serta keterampilan.  “Para siswa yang terbaik nantinya akan dikirim sebagai duta Kota Denpasar ke tingkat Provinsi Bali,’’ kata Sukana.

Menurut Sukana seleksi siswa berprestasi ini memiliki nilai plus untuk mendorong motivasi siswa untuk terus meningkatkan kompetisi diri, sehingga menjadi individu yang memiliki dedikasi, loyalitas dan profesional. Dari ajang seleksi ini, diharapkan Sukana, mampu meningkatkan motivasi siswa untuk terus meningkatkan serta mengembangkan potensi diri termasuk kemampuan intelektual, keterampilan dan sikap, serta menumbuhkan jiwa kompetitif.  “Kemampuan anak Kota Denpasar sangat luar biasa, oleh sebab itu dibutuhkan adanya ruang seperti ini,’’ ujarnya.

Sukana mengungkapkan bakat dan potensi anak harus terus digali sejak dini, karena dengan bakat dan potensi anak nantinya dapat menjadi sebuah modal dalam meraih masa depan cemerlang. “Kesuksesan dan keberhasilan dapat diraih oleh semua orang, tinggal bagaimana kita untuk mengembangkannya,’’ katanya. (tis/bpn)