Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Untuk menunbuhkembangkan kreativitas seni bagi pemuda dan masyarakat, Desa Mambal menggelar parade budaya. Acara ini dibuka Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa ditandai dengan pemukulan Gong. Minggu (25/2/2018). Turut hadir anggota DPRD Provinsi Bali IB. Pada Kusuma, anggota DPRD Badung Ponda Wirawan, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya beserta Tripika Kecamatan, para Perbekel se-Kecamatan Abiansemal serta tokoh masyarakat, bertempat di Lapangan Serma Anom Puspa Desa Mambal.

Ketua Panitia I Gst. Made Partanayasa yang juga Ketua LPM Desa Mambal melaporkan, kegiatan Parade budaya ini baru pertama kali diadakan di Desa Mambal dan merupakan salah satu event yang akan terus dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan kreativitas seni bagi pemuda dan seluruh masyarakat Desa Mambal. Parade ini diikuti 9 (sembilan) peserta dari 9 (sembilan) banjar Dinas yang ada di Desa Mambal. Kagiatan Parade budaya ini didanai dari APBDES Desa Mambal tahun 2018 dengan Dasar Hukum Surat Keputusan Perbekel No. 10 tahun 2018 tentang seni dan budaya, yang mana kegiatan parade budaya ini sudah di mulai dari pembinaan dan latihan beleganjur dari tahun 2017. Melihat antusias dari masyarakat dalam kegiatan parade budaya, masyarakat mengajukan permohonan kepada Pemerintah agar dapat merealisasikan usulannya untuk dapat mewujudkan Panggung Budaya di Desa Mambal.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka DTIK Fest 2024, Jadi Wahana Edukasi Tingkatkan Jejaring dan Kolaborasi

Sementara itu Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyampaikan, dengan diadakannya parade budaya di Desa Mambal tentunya dari Pemerintah Kabupaten Badung memberikan paresiasi dan sangat mendukung yang berarti benar-benar di tingkat bawah di semua Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Badung sudah sebagian besar melaksanakan parade-parade budaya seperti ini. Dengan dilaksanakan kegitan seperti ini tentunya merupakan kegaerahan kembali yang luar biasa di masyarakat untuk benar-benar berkomitmen dengan Pemerintah Kabupaten Badung untuk melakukan pelestarian dan pemberdayaan seni budaya dan Adat itu sendiri, dalam rangka mengejawantahkan berbagai seni-seni dan aset-aset pembangunan itu sendiri. Kabupaten Badung telah sepakat dan telah dipastikan,  bahwa apapun yang dilakukan dalam pembangunan di Badung ini harus berlandaskan seni dan budaya itu sendiri,” tegasnya.

Lebih lanjut Suiasa menyampaikan, Budaya merupakan akar dari hati nurani kita bersama, untuk itu semua pembangunan yang kita laksanakan harus berdasarkan hati nurani budaya agar hasilnya sesuai dengan harapan dan keinginan bersama sehingga tingkat kepuasan dan juga niatan masyarakat akan tercapai. Untuk itu seni dan budaya harus dikembangkan dan Pemerintah selalu hadir memberikan inspirasi dan terus memfasilitasi agar di semua Desa di Kabupaten Badung kegaerahan di sektor seni dan budaya ini sangat tumbuh dan berkembang. Adanya permohonan masyarakat untuk dapat merealisasikan usulannya untuk dapat mewujudkan Panggung Budaya di Desa Mambal, Pemerintah juga memberikan apresiasi dan akan selalu memfasilitas, “katanya”. Untuk membantu kegaitan Parade budaya ini Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan Rp.50 juta, disamping itu juga menyerahkan Dokumen Naskah Dana Hibah sebesar Rp. 16,5 Milyard  se-Desa Mambal tahun 2018 ini.  (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News