Mahasiswa UGM Raih Penghargaan Internasional di Thailand

241

BALIPORTALNEWS.COM – Tim mahasiswa UGM berhasil meraih penghargaan dalam Thailand Inventor’s Day pada 2-6 Februari 2016 di Thailand.

Dalam ajang “Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition” tersebut, tim UGM mendapatkan medali emas dan special award  dari Polandia.

Tim mahasiswa UGM yang beranggotakan Sahala Wahyu Wardana dan Ema Nur Afifah dari Fakultas MIPA dan Kharirotul Suhaila dan Rasyidin Caniago dari Fakultas Pertanian sukses memperoleh penghargaan dengan mengembangkan platform kolamkita.com.

Kolamkita.com merupakan sebuah platform yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi moderen aquaculture untuk meningkatkan produksi di sektor budidaya ikan air tawar di Indonesia. Memiliki tiga layanan utama yaitu menyediakan infromasi budidaya ikan yang valid dan terkini, menyediakan kebutuhan dan paket bududaya ikan, serta menyediakan jasa pemasaran ikan pasca panen.

Sahala mengatakan pengembangan kolamkita.com berawal dari keprihatinan terhadap berbagai persoalan budidaya ikan di masyarakat. Tidak sedikit masyarakat yang berkeinginan untuk melakukan budidaya ikan, tetapi masih mengalami kebingungan karena minimnya pengetahuan budidaya ikan.

“Selain itu juga masih ada persoalan terkait lahan budidaya dan penjualan pasca panen,” jelasnya saat dihubungi masih berada di Thailand, Rabu (7/2/2018).

Kenyataan tersebut menggerakkan Sahala dan ketiga rekannya untuk mengembangkan sebuah platform yang dapat menjawab berbagai persoalan budidaya perikanan dalam satu wadah.

“Jadi dalam platform ini kita menyediakan seluruh kebutuhan budidaya ikan mulai dari infromasi budidaya, konstruksi kolam, benih ikan, pakan, hingga market untuk  menjual produk hasil budidaya,” urainya.

Sahala menyebutkan kolamkita.com saat in masih berada dalam tahap pengembangan. Rencananya platform ini akan segera dirilis pada pertengahan tahun 2018. (ika/humas-ugm/bpn)