Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah sukses di tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut hari suci Nyepi Caka 1940 tahun 2018, Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan Kota Denpasar kembali menggelar lomba ogoh-ogoh antar Sekaa Teruna se-Kota Denpasar.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Pemkot Denpasar yang secara berkesinambungan memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi generasi muda untuk menunjukan kreatifitasnya. Demikian disampaikan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram didampingi Kabid Kebudayaan, I Made Wedana di kantor setempat, Jumat (19/1/2018).

Lebih lanjut dikatakan Mataram, Denpasar sebagai Kota berwawasan budaya sesuai dengan misi kedua yakni memberdayakan masyarakat dengan berlandaskan lokal genius melalui budaya kreatif. Dimana, dalam rangka menunjang misi tersebut salah satunya adalah dengan melaksanakan lomba ogoh-ogoh antar sekaa teruna ini.

“Sebagai kota berwawasan budaya tentunya lomba ogoh-ogoh ini salah satu kegiatan ekonomi kreatif sesuai dengan misi Kota Denpasar sebagai kota kreatif yang berwawasan budaya unggulan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Dishub Denpasar Siagakan Petugas LPJU Saat Nyepi, Antisipasi Adanya Lampu Menyala

Sementara, Kabid Kebudayaan, I Made Wedana mengatakan  pelaksanaan lomba ogoh-ogoh tahun ini pada intinya sama seperti tahun sebelumnya. Yakni ogoh-ogoh yang hendak mengikuti lomba wajib menggunakan bahan yang ramah lingkungan seperti ulatan, kayu, bambu, kertas bekas, dan lain sebagainya, sehingga tidak dibenarkan menggunakan styrofoom/gabus dan spons sebagai bahan utama pembuatan ogoh-ogoh. Sementara untuk kerangka ogoh-ogoh atau kontruksi boleh menggunakan besi.

“Tidak boleh menggunakan styrofoom/gabus, sedangkan untuk karet sandal dan kawat jaring dapat digunakan pada bagian aksesoris,” jelas Wedana.

lebih lanjut dikatakan, dalam pelaksanaan lomba kali ini, karya ogoh-ogoh yang dilombakan wajib bertemakan Bhutakala. Pendaftaran sedianya akan dibuka mulai 22 Januari s/d 22 Februari 2018, sedangkan untuk penilaian lomba ogoh-ogoh sedianya akan dilaksanakan pada 6-9 Maret 2018 yang dimulai dari Kecamatan Denpasar Barat, Denpasar Utara, Denpasar Selatan dan terakhir di Denpasar Timur. Dari lomba tersebut nantinya terdapat 32 pemanang dengan komposisi delapan sekaa di masing-masing kecamatan dan berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 10 juta. Kendati demikian, sekaa yang sudah pernah mendapatkan nominasi selama dua tahun berturut-turut akan disidit atau tidak diikutsertakan dalam penilaian.

“Yang sudah dua kali berturut-turut menjadi nominasi tidak diikutkan dalam penilaian di tahun berikutnya, ini untuk memberikan peluang kepada peserta lainya sehingga kesenian khususnya ogoh-ogoh terus berkembang,” ujar Wedana

Adapun aspek yang menjadi poin penilaian yakni meliputi komposisi, kreatifitas, ekspresi dan yang paling penting adalah ketatan daam penggunaan bahan ramah lingkungan. Untuk 32 nominasi tersebut nantinya akan dikembalikan kepada Desa Pakraman untuk bersama-sema melaksanakan malam pangerupukan.

Dalam kesempatan tersebut dalam rangka menjaga kondusifitas, keamanan dan mempertahankan kearifan lokal dalam menyambut hari suci Nyepi Caka 1940 tahun 2018, Mataram menegaskan agar musik pengiring ogoh-ogoh menggunakan alat musik tradisional, seperti Baleganjur, Tektek dan kesenian lainya dan khusus untuk penjagaanya wajib melibatkan pecalang desa.

Baca Juga :  Seluruh Pedakian Gunung Agung Ditutup Selama Karya di Pura Agung Besakih Berlangsung

“Jadi alat musiknya wajib menggunakan alat musik tradisional apakah Baleganjur atau yang lainya, kan banyak alat musik tradisional, jangan sampai menggunakan sound system, itu bukan kebuadayaan asli Bali,” pungkasnya. (ags/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News