Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (SV UGM) dan Jeonju Volunteer Center (JVC) Korea memperkuat kerja sama dalam bidang sosial budaya.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan naskah kesepahaman bersama yang dilakukan oleh Dekan SV UGM Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D., dengan Direktur JVC Park Jeong Seok, Senin (22/1/2018) lalu di SV UGM.

Kerja sama yang diinisiasi oleh Program Studi Diploma 3 Bahasa Korea SV UGM ini ditujukan untuk merencanakan perkembangan wilayah melalui kegiatan penyebaran budaya sukarelawan sebagai wujud kebersamaan.

Sebelumnya, organisasi sosial yang memfokuskan diri pada anak-anak di seluruh dunia ini dan SV UGM telah menjalankan kerja sama di bidang yang sama. Pada tahun 2017 lalu melakukan aksi sosial di SDN Patuk II Kabupaten Gunungkidul. Selama dua minggu mahasiswa volunteer  JVC melakukan perbaikan infrastruktur sekolah dan mengajar budaya dan Bahasa Korea bagi para siswa. Turut andil mahaisswa prodi D3 Bahasa Korea SV UGM sebagai penerjemah para volunteer.

Park Jeong Suk mengatakan JVC banyak melakukan aksi sosial di berbagai negara Asia Pasifik. Kegiatan yang dilakukan tidak hanya dalam difokuskan bidang pendidikan saja, tetapi juga layanan ke panti jompo, daerah bencana, dan lainnya.  Beranggotakan mahasiswa di sejumlah perguruan tinggi Korea, pihaknya setiap tahunnya rutin mengunjungi 11 negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

“Di Indonesia kami fokuskan pada kegiatan bidang pendidikan,” jelasnya.

Baca Juga :  Kadis Suwarmawan: Pentingnya Optimalisasi Media Sosial Sebagai Branding Organisasi

Wikan menyambut baik kerja sama yang dilakukan. Dia berharap kedepan kerja sama yang telah disepakati dapat terus dikembangkan.

“Saya harap kedepannya kerjasama ini bisa berkembang. Tidak hanya mahasiswa Korea yang datang ke Indonesia, tetapi memungkinkan mahasiswa kami bisa ke Korea,” harapnya

Sementara Kepala Program Studi (prodi) Diploma Bahasa Korea Supriadianto, S.S., M.A., menyatakan kesiapan membantu JVC dalam pelaksanaan aksi sosial di Indonesia.

“Jika JVC membutuhkan bantuan untuk tempat pengabdian, SV siap membantu dan mahasiswa prodi Bahasa Korea SV akan kami libatkan dalam kegiatan yang dijalankan,” tuturnya. (ika/humas-ugm/bpn: foto: dok.sv ugm)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News