Pramuka Wahana Penting Dalam Pembentukan Karakter Siswa

0
76

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Kwartir Cabang Denpasar, I Gusti Lanang Jelantik, menilai gerakan pramuka adalah sebuah wahana penting untuk membentuk karakter siswa. Nilai-nilai yang diajarkan dalam pramuka juga sudah sesuai dengan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilaksanakan pemerintah.

‘’Pramuka adalah wahana untuk membentuk karakter siswa, kalau pramukanya sudah terorganisir dengan baik, dijadikan tempat untuk membentuk kepribadian siswa berarti sudah jalan pendidikan karakter,’’ kata Lanang Jelantik, Senin (8/1/2018) kemarin.

Lanang Jelantik menambahkan bahwa pramuka secara eksplisit tercantum Peraturan Presiden tentang PPK. Oleh karena itu semua pihak yang terlibat dalam gerakan kepramukaan harus berupaya meningkatkan peranan pramuka sebagai motor pembentukan karakter.

‘’Utamanya adalah pada gugus depan yang ada di sekolah dasar. Gerakan pramuka merupakan gerakan pendidikan karena didalamnya anggota pramuka mendapat pengetahuan dan keterampilan. Di dalam pramuka, siswa bisa mengembangkan diri, belajar bersosialisasi, hingga mencintai alam,” kata Lanang Jelantik.

Dia menegaskan, agar pramuka berjalan baik, program kegiatannya harus disesuaikan dengan masalah kekinian. Pendidikan pramuka, kata Lanang Jelantik, juga berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal.

‘’Kepramukaan sarat dengan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter seperti disiplin, kejujuran, rasa tanggung jawab, tenggang rasa, kesetiakawanan dan kepedulian sosial. Nilai-nilai ini perlu ditransfer lewat esktrakurikuler pramuka yang berkelanjutan,’’ ujar mantan Kadisdikpora Kota Denpasar ini.

Lanang Jelantik juga menggugah para anggota pramuka untuk mencintai dan peduli lingkungan, khususnya perilaku hidup bersih. Perilaku hidup bersih ini, kata Lanang Jelantik, perlu ditananamkan kepada generasi  sekarang  untuk kesehatan generasi mendatang. Sebab, hidup tak bersih akan mendatangkan penyakit dan membentuk generasi tak sehat. (r/bpn)