BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Politeknik Internasional Bali (PIB) menggelar english speech contest bertema Rising from Disaster dan cooking competition. Kegiatan tersebut dibuka Direktur PIB, Prof. Dr. Ir. Anastasia Sulistyawati, di Kampus PIB, Jalan Pantai Nyanyi, Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Sabtu (13/1/2018).

Lomba pidato berbahas Inggris dan lomba memasak menu tradisonal Bali itu diikuti 40 peserta dari SMA/SMK se-Bali. Menurut Sulistyawati, lomba tersebut merupakan wujud nyata dari mata kuliahtourismpreneurship di PIB.

“Dalam mata kuliah ini, metode pembelajaran yang dipakai adalah experiential based-learning. Metode tersebut semakin mendorong mahasiswa untuk lebih mengasah kemampuan praktik,” ujarnya.

Sulistyawati menyebut pembelajaran tersebut tidak terlepas dari tujuan PIB, yaitu menjadi institusi yang akan melahirkan lulusan berkualitas, dengan spirit enterprenuer.

Sejak awal mendirikan kampus PIB, tambahnya, bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya dengan melahirkan para enterpreneur-enterpreneur yang setelah lulus sudah siap kerja ataupun membuka usaha sendiri.

Sementara dosen dan konsultan pendidikan kewirausahaan, Inge Gunawan, mengatakan bahwa dalam mata kuliah tourism preneurship ini, mahasiswa semester I dilatih mengelola sebuah even dan lomba. “Sejak awal semester, mahasiswa sudah langsung diterjunkan ke lapangan mencari peserta lomba, sponsor, vendor bazar, juri dan lainya,” ujarnya.

Ketua panitia yang juga mahasiswa PIB, Rangga Dewanta, menyebut tema rising from disaster dalam even kali ini bertujuan untuk mendukung kebangkitan Bali dari keterpurukan pariwisata akibat erupsi Gunung Agung. (ita/bpn)