Matangkan Maju Ke Tingkat Nasional, Posyandu dan IVA Kelurahan Pedungan Dibina

141

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kelurahan Pedungan terus memantapkan persiapannya untuk menghadapi lomba posyandu dan IVA (inpeksi visual dengan asam asetat) PKK tingkat nasional. Setelah beberapa bulan sebelumnya dibina oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, kini Tim Penggerak PKK Kota Denpasar lebih mematangkan persiapan untuk maju ke tingkat nasional. Pembinaan yang dilakukan TP PKK Kota Denpasar dilaksanakan di kantor Lurah Pedungan, Minggu malam (7/1/2018) dengan lebih menekankan pelaksanaan inovasi.

Sekretaris PKK Kota Denpasar Sri Utari Puspawan menyampaikan untuk pelaksanaan posyandu dan IVA di Kota Denpasar termasuk di Kelurahan Pedungan telah berjalan dengan baik sesuai dengan program PKK Kota Denpasar. Termasuk juga dalam pelaksanaan program-program PKK Kota Denpasar agar lebih memfokuskan pada asa kemanfaatan bagi masyarakat. “Pelaksanaan program PKK Kota Denpasar lebih mengutamakan asas kemanfaatan. Itu merupakan komitmen Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra bersama Wakil Ketuanya Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara,” ujar Sri Utari. Namun untuk pelaksanaan program PKK agar benar-benar dirasakan oleh masyarakat tentunya harus didukung oleh inovasi-inovasi. Seperti untuk pelaksanaan program posyandu dan IVA di Kelurahan Pedungan. Berbagai inovasi telah dilakukan untuk mempermudah dalam memberikan pelayanan termasuk juga lebih mempermudah dalam melakukan pecatatan administrasi.

Untuk pelaksanaan 10 program pokok PKK dan posyandu di Kelurahan Pedungan telah menerapkan inovasi Sindu (sistem informasi Pedungan). Dimana sistem ini mendata semua pelaksanaan program PKK di Kelurahan Pedungan termasuk mencatat pelaksanaan posyandu di serta IVA di Kelurahan Pedungan. Melalui inovasi Sindu dapat mengetahui sejauh mana pelaksanaan program PKK di Kelurahan Pedungan. Disamping inovasi tersebut dalam pelaksanaan posyandu Kelurahan Pedungan juga melaksanakan inovasi Kasa Bali (kader sayang balita). Inovasi ini mencata bagaimana para kader memberikan sosialisasi dalam merawat balita sehingga dapat tumbuh berkembang dengan baik.

Sementara Lurah Pedungan AA Gede Oka mengatakan semua kader telah siap mengikuti pembinaan yang diberikan TP PKK Kota Denpasar. Disamping juga akan terus berkoordinasi bila ada hal-hal yang kurang dimengerti. “Koordinasi dan komunikasi para kader dengan TP PKK Kota Denpasar sering akan kami dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mencapai hasil yang baik,” ujarnya. Disamping itu pihaknya akan terus melakukan pematangan terhadap inovasi-inovasi yang telah dilaksanakan selama ini. (gst/humas-dps/bpn)