BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program unggulan SMK PGRI 4 Denpasar yakni Fourgriska IT Competition (FITC) tingkat SMP se-Bali semakin berkualitas. Senin (22/1/2018), FITC 2018 yang ke-9 dibuka yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Kepala UPT Disdik Bali di Kota Denpasar, Dewa Ayu Eka Putri Kariini dan penyerahan piala bergilir dari Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd, yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua YPLP Kota PGRI Denpasar, yang diwakili Drs. I Gusti Ngurah Wirata, MM.

Acara pembukaan dihadiri Ketua Kota PGRI Denpasar, Drs. I Nyoman Winata, M.Hum. Kasek Ketut Suarya mengungkapkan, Fourgriska IT Competition merupakan agenda rutin tahunan OSIS SMK PGRI 4 Denpasar untuk memotivasi kreativitas generasi muda yang kini dikenal sebagai generasi Y atau generasi millianial dalam mengaplikasi software. Menuangkan gagasan, ide kreatif dan SDM yang melek di bidang IT.

Ketut Suarya juga menyebutkan, banyak perubahan yang dialami generasi milenial saat ini. Di tangan para milenial dan dukungan teknologi, cara berbelanja mengalami perubahan signifikan. Cukup memakai handphone atau lewat PC para konsumen sudah bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Program FITC ini juga seirima dengan program pendidikan yang digulirkan Pemprov Bali yakni E-learning yang diterapkan di SMA/SMK di Bali.

Kali ini FITC berlangsung selama empat hari dibarengi dengan pameran pendidikan. FITC 2017 diikuti 235 siswa dari 83 SMP se-Bali. Lomba meliputi Microsoft Word, Excel, Powerpoint, dan Desain Poster. Kasek Ketut Suarya menambahkan, FITC ini sepenuhnya dikelola OSIS SMK PGRI 4 Denpasar bersama Fourgriska Technology Club sekaligus dipakai media sosialisasi keberadaan sekolah yang membuka program keahlian dalam bidang pariwisata (akomodasi perhotelan), jasa boga, dan multimedia (MM).

Di bidang IT, kata Ketut Suarya, siswa SMK PGRI 4 Denpasar tiap tahun langganan juara animasi di Kota Denpasar, Bali hingga tingkat nasional. Tahun ini SMK PGRI 4 Denpasar yang sudah mengantongi sertifikat kualitas manajemen mutu ISO 9001:2008 juga mengikuti UNBK. Demikian juga di bidang pariwisata, banyak lulusan SMK PGRI 4 Denpasar yang diterima kerja di luar negeri seperti di kapal pesiar. Sementara dari segi fasilitas, ia banyak dibantu oleh komite sekolah.

Program kerja ini diapresiasi positif oleh YPLP Kota PGRI Denpasar. Ngurah Wirata mengatakan, FITC yang ke-9 ini menunjukkan SMK PGRI 4 Denpasar semakin meningkatkan kualitasnya. Ini prestasi luar biasa bagi SMK PGRI 4 Denpasar untuk mengemban kepercayaan masyarakat.

Pelaksanaan FITC juga diapresiasi positif oleh Kepala UPT Disdik Bali di Kota Denpasar, Dewa Ayu Eka Putri Kariini. Ia juga memuji SMK PGRI 4 Denpasar termasuk sekolah sekolah yang hidup karena dipenuhi berbagai kegiatan. Untuk itu, event ini bisa dijadikan proses pembelajaran dan pembinaan IT di SMP dewasa ini.

Inilah yang disebut Dewa Ayu kemajuan IT di SMK PGRI 4 Denpasar dipakai untuk memperkuat pendidikan karakter dengan positif memanfaatkan teknologi. Namun, dia mengingatkan peserta meraih kemenangan berlandaskan kejujuran dan menjunjung tinggi sportivitas.

Pada era MEA saat ini, ditegaskan Dewa Ayu, SDM Bali tak boleh jadi penonton di daerah sendiri. Apalagi jadi pengangguran di daerah sendiri. Karena itu, ia mengapresiasi semangat SMK PGRI 4 Denpasar menyelenggarakan event ini yang dukungan fasilitas sekolah yang lengkap dan bertaraf hotel bintang empat dan ber-ISO.

Ketua Komite SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Gusti Bagus Wiadnyana, MM., menyebut lomba ini adalah hasil kreativitas. Lomba ini diharapkan sarat dengan pendidikan karakter di zaman now. (tis/bpn)