Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung melakukan panen sayuran Hidroponik dan cabe di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Petang, Senin (22/1/2018). Acara  panen perdana tersebut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Ny. Ayu Parwata, Wakil Ketua TP. Badung Ny. Kristiani Suiasa serta Ketua DWP Ny. Nesya Yoga Segara. Jenis sayuran yang dipanen diantaranya kangkung, selada, bayam, potcay dan cabe.

Ketua TP. PKK Badung Ny. Seniasih Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanaman sayuran dengan metode hidroponik ini diharapkan mampu menjadi percontohan dan area belajar bagi petani dan penyuluh. Untuk itu tempat tanaman harus perlu dijaga kebersihannya baik dari tempat maupun peralatannya. Dalam kesempatan itu pula Seniasih Giri Prasta menghimbau agar kedepannya jenis tanaman yang dikembangkan terus bertambah, tidak hanya sayuran tetapi diharapkan bisa menanam buah buahan.

Baca Juga :  Easter Egg-Scape di Mamaka By Ovolo, Sebuah Retreat Tropis untuk Perayaan Paskah

“Saya sangat bangga karena hasil pertanian di Badung khususnya di Petang sangat melimpah, untuk itu  dengan adanya sayuran hidroponik ini diharapkan mampu memenuhi pangan rumah tangga yang cukup baik dari segi mutunya, aman, dan  bergizi,“ imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pangan dan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Made Mertayasa mengatakan bahwa Pertanian Hidroponik merupakan model pertanian masa kini tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam melainkan media rock wall atau sejenisnya yang dialiri air yang dicampur nutrisi sehingga mampu menghasilkan sayuran dengan produksi dan kualitas produk yang baik. Pertanian seperti ini adalah pertanian yang sehat dan aman untuk dikonsumsi karena bebas pestisida. (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News