Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyerahkan dana punia 50Jt, semeton Semeton Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung di Watilan Jaba Pura Dalem Dhalem Shri Aji Tegal Besung, Gianyar, Jumat (19/1/2018) serangkaian Karya Mahasaba I Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.

Selain menyerahkan dana punia, Bupati Giri Prasta melakukan persembahyangan di Pura tersebut. Dalam penyerahan dana punia, Bupati didampingi Pengelingsir Puri Ubud Cokorda Ace, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, Kadis Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Klungkung, dan Para Penglingsir Puri yang ada di Gianyar, Jero Bendesa dan Kelian dinas, adat samplangan, perwakilan pasemetonan Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung dari se- Bali dan Lombok serta Semeton Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda, Ciptakan Generasi Mandiri dan Berdaya Saing

Bupati Giri Prasta mengatakan penyerahan dana punia 50jt yang diserahkan langsung kepada Pengageng Manca Agung Trah ida Shri Aji Tegal Besung. Dewa Nyoman Oka, sebagai wujud bentuk kepedulian berkenaan dengan pemberdayaan dan pelestarian seni, adat, agama dan budaya. Bupati mengakui bahwa kebanyakan waktu dan biaya masyarakat habis di adat dan yadnya, untuk itu Pemerintah senantiasa hadir ditengah-tengah masyarakat meringankan beban dari masyarakat. “Dalam tatanan seni, adat, agama dan budaya baik urusan pembangunan fisik, sarana prasarana maupun pengembangan SDM menjadi tanggung jawab pemerintah, ” terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Sang Ketut Darmayasa menyampaikan, sebelum Mahasabha I ini diawali dengan rapat rapat yang dikuti oleh perwakilan dari semeton se-Bali kurang lebih 75 orang, dari hari rapat kemudian ditindaklanjuti di masing masing kabupaten/kota se-Bali, pada tanggal 27 Agustus 2017 bertempat di Jero Gede Kepaon. “Mahasabha I ini akan menunjuk  Ida Anak Agung Gde Beratha menjadi Penglingsir Ageng Manca Agung dan Dr. Drs. I Dewa Nyoman Oka,M.Pd menjadi Pengageng Ageng Manca Agung pada masa pengurusan 2018-2023,”ungkatnya. (humas-badung/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News