BALIPORTALNEWS.COM – Astra Motor Bali, memberikan kesempatan kepada para komunitas dari berbagai klub Honda, yang tergabung dalam satu wadah yakni Honda Community Bali (HCB) untuk menuangkan berbagai kegiatannya dalam bentuk dokumentasi berupa tulisan atau berita. Dalam kegiatan kopi darat (Kopdar) di Astra Motor Bali jalan Cokroaminoto, Denpasar, Sabtu (13/1/2018) lalu, perwakilan komunitas juga diberikan pelatihan jurnalistik.

Dengan pelatihan jurnalistik itu, diharapkan komunitas Honda di Bali, bisa membuat berita kegiatannya untuk berbagi dan diketahui masyarakat. Selain itu, dengan dokumentasi pendukung kegiatan yang dilakukan komunitas itu, supaya menghilangkan stigma kurang baik selama ini di masyarakat. Pelatihan jurnalistik yang diikuti antusias komunitas itu, diberikan Pic Safety Riding dan Community Bali, Ngurah Iswahyudi, Corporate Communication Astra Motor Bali, AA Sri Mayuni, dan dua narasumber dari media online di Bali.

Ngurah Iswahyudi, mengatakan pelatihan jurnalistik ini sengaja dilakukan karena padatnya aktivitas yang dilakukan  anggota Honda Community Bali. “Selama ini, kami dari Honda Community sering melakukan kegiatan, sebagai bentuk dokumentasi dari aktivitas yang kami lakukan, para peserta diharapkan mampu menuliskan aktivitas yang dilakukan melalui media online yang sudah kami sediakan,” kata Iswahyudi.

Dalam pelatihan jurnalistik ini, para peserta diberikan pemahaman mengenai media eksistensi dari media online sebagai sarana komunikasi antarkomunitas yang tergabung dalam Honda Community. Selain itu, materi jurnalistik tingkat dasar dalam pelatihan ini, peserta juga diberikan pengetahuan tentang tata cara penulisan berita online yang baik dan sopan.

Selain itu, peserta juga diberikan pengetahuan tentang kode etik penulisan berita online, serta etika pemasangan foto yang benar. “Etika penulisan dan pemasangan foto dalam media online bagi kami sangat penting, karena kami ingin berita dan foto yang kami tampilkan adalah berita dan foto yang sesuai dengan kode etik jurnalistik yang berlaku,” lanjutnya.

Setelah materi jurnalistik dasar, pelatihan dilanjutkan dengan pengenalan website Klub Honda Community. Dalam materi ini, peserta diperkarakan dengan content management system yang tidak lain merupakan perangkat lunak yang digunakan administrator mengetahui aktivitas yang dilakukan dari suatu situs website, supaya pengelolaan data dari website bisa dengan mudah ditampilkan.

Adapun menu yang dapat diakses dalam Content Management System, yakni dasboard yang memuat data grafik dan angka, serta menjelaskan mengenai summary dari artikel, member, user dan klub. Selanjutnya artikel yang dimuat  situs website, community profile dan terakhir yakni media. (ngr/bpn)