Yayasan AHM-Astra Motor Bali Resmikan Sekolah Kultur Jaringan Di SMKN 4 Negara

190

BALIPORTALNEWS.COM – Sebagai bentuk dukungan di dunia pendidikan dan lingkungan, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) bersama dengan Astra Motor Bali, sebagai main dealer sepeda motor Honda wilayah Bali, meresmikan Sekolah Kultur Jaringan di SMK Negeri 2 Negara, (14/12/2017). Dalam kegiatan peresmian ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama dengan SMK Negeri 2 Negara, untuk melakukan aksi penghijauan melalui pengembangan laboratorium kultur jaringan sekolah.

Penandatanganan  kerjasama kultur jaringan dihadiri Kepala Unit Pelaksanaan Tehknik Pendidikan Provinsi Bali, Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Negara, Yayasan AHM, serta perwakilan dari Astra Motor Bali. Pada kerjasama kali ini diwujudkan dalam support kebutuhan laboratorium kultur jaringan dan peralatan praktek SMK jurusan pertanian. Kultur jaringan merupakan  metode pengisolasian  bagian tanaman supaya bisa memperbanyak  diri menjadi  tanaman lengkap. Adapun jenis  tanaman yang dikembangkan, yakni anggrek putih. Kerjasama dengan SMK Negeri 1 Negara merupakan sekolah pertama di wilayah Bali, yang terpilih dalam program “Go Green with Honda” berupa  pengembangan  laboratorium kultur jaringan di SMK.

Ketua Yayasan AHM, I Putu Astawa, menyampaikan program pengembangan kultur jaringan bersama dunia pendidikan merupakan upaya alih teknologi penghijauan ke sekolah dengan menghasilkan bibit tanaman yang bermanfaat untuk lingkungan. “Kami berharap SMK Negeri 2 Negara dapat menjadi generator bibit di wilayah Bali untuk program penghijauan. Kami ingin  berkontribusi kepada pendidikan di Indonesia dengan teknologi kultur jaringan agar teknologi ini dikenal lebih dini lagi melalui jalur SMK,” kata Putu Astawa.

Sementara Ketut Suartika, mengucapkan terimakasih atas support yang diberikan Astra Honda Motor. Menurut dia, program kerjasama ini sangat mulia, karena diberikan bimbingan mulai dari serasehan, seminar dan bantuan sarana alat praktek laboratoruim. “Kami harapkan bimbingan ini bisa terus berkelanjutan, sehingga program ini dapat  menghasilkan jumlah bibit tanaman yang banyak dalam waktu relatif singkat, sehingga lebih ekonomis,” ujar Suartika, selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Negara.

Program Go Green Honda Kultur Jaringan ini, merupakan kelanjutan dari program Go Green yang telah AHM lakukan sejak 2009 lalu. Di mana AHM membangun dan mengembangkan laboratorium kultur jaringan bukan hanya untuk penghijauan, namun dapat juga menjadi pemasok pendapatan ketika panen/berbuah nantinya.(ngr/bpn)