Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Tim iFish dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Indonesia berhasil menjadi Juara 1 dalam kompetisi “Japan Global Problem Solver Challenge 2017″ yang diselenggarakan Cisco Networking Academy Asia Pacific pada 30 November 2017 lalu.

Tim yang beranggotakan Anindityo Agung Baskoro  (Teknik Mesin)  Muhammad Nur Ardian (Teknik Mesin), Monika Sekar M.I. (Manajemen), serta Fajar Sidik Abdullah Kelana (alumnus Teknik Mesin) sukses memenangkan kompetisi dengan mengusung gagasan pengembangan   iFish atau Internet of Fishery System.

Predikat juara pertama didapatkan usai menyisihkan 132 tim lain yang berasal dari berbagai negara di wilayah Asia Pasifik. Tim UGM berhasil mengalahkan 3 tim dari Filipina dan 1 tim dari Singapura di babak final.

“Bangga tentunya dapat mengharumkan nama UGM di tingkat internasional,” kata Monika, Senin (4/12/2017) di Rektorat UGM.

Baca Juga :  PLN Kembali Raih Best Green Loan Internasional atas Akselerasi Transisi Energi

Monika menyampaikan dalam kompetisi tersebut seluruh peserta ditantang untuk mencari solusi untuk mengatasi permasalahan sosial di masyarakat  dengan memanfaatkan teknologi internet. Dari 133 konsep gagasan yang masuk dipilih lima besar melaju ke babak final.

“Di final kami berkompetisi dengan 3 tim dari Filipina dan 1 tim dari Singapura memperesentasikan ide yang dikembangkan,” jelasnya.

Tim UGM menang karena ide pengintegrasian teknologi intensive aquaculture dengan pertanian ikan lokal melalui sistem iFish dinilai mampu membantu petani ikan dalam meningkatkan produktivitas perikanannya. Teknologi ini mampu memberikan informasi secara real time kondisi di kolam meliputi oksigen terlarut, pH, dan temperatur di kolam.

“Musim dan kondisi di luar kolam sangat memengaruhi dalam budidaya ikan. Harapannya dengan informasi tersebut para petani bisa tahu kondisi kolam dan  membudidayakan ikan yang sesuai sehingga hasil panen lebih optimal,” jelasnya.

Baca Juga :  PLTS Tahap 1 Kapasitas 10 MW Sukses Dioperasikan, PLN Tunjukkan IKN Dilayani Energi Bersih

Fajar menjelaskan iFish tersusun atas microbubble diffuser, submersible pump, mikrokontroler, dan router internet. Dilengkapi dengan tiga buah sensor yakni sensor temperatur, sensor pH, dan sensor oksigen terlarut.

“Akan ada notifikasi yang dikirimkan ke handphone ataupun komputer yang terhubung dengan sistem di kolam sehingga petani bisa mengetahui kondisi kolam secara langsung,” tuturnya.

iFish juga dikembangkan dengan sejumlah fitur yang tidak hanya memberikan informasi terkait kondisi kolam saja. Namun dilengkapi pula dengan fitur pendukung yang menampilkan data dan grafik bulanan kondisi kolam serta forum komunikasi antar petani ikan.

“Kedepan kami akan mengembangkan lebih lanjut gagasan ini sehingga bisa segera diaplikasikan langsung di masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka DTIK Fest 2024, Jadi Wahana Edukasi Tingkatkan Jejaring dan Kolaborasi

Atas pretasi yang diraih, tim iFish UGM mendapatkan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Cisco Innovation Hub di Sidney, Australia pada bulan Februari 2018. Mereka akan mendapatkan mentoring secara langsung dari Cisco dalam pengembangan iFish.

Sementara Rektor UGM, Prof.Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., menyampaikan apresiasi terhadap tim iFish UGM yang telah berhasil menjadi jawara dalam kompetisi tingkat dunia. Prestasi yang diraih menunjukkan inovasi dari mahasiswa UGM dalam memberikan kontribusi penyelesaian berbagai persoalan di masyarakat unggul di mata dunia.

“Luar biasa, kami bangga atas hasil yang diraih. UGM terus mendorong para mahasiswa untuk berinovasi dan berkompetisi serta mengimplementasikan hasilnya di masyarakat,” kata Rektor. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News