BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung bekerjasama dengan Primagama menggelar Lomba Final Olimpiade Sains Berbasis Komputer (OSBK) tingkat SD se-Kabupaten Badung, Selasa (12/12/2017) di Puspem Badung. Final OSBK yang dibuka Kadisdikpora Badung diwakili Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, I Made Mandi didampingi Manager Cabang Primagama Bali-Nusra, Harris Ubaiddilah diikuti sebanyak 249 peserta dari siswa kelas VI SD Negeri se-Badung.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, I Made Mandi menyambut baik lomba OSBK yang merupakan kerjasama Primagama dengan Disdikpora Badung. Melalui lomba ini diharapkan, dapat menjadi langkah konkrit untuk melahirkan siswa yang berkualitas dan memiliki wawasan yang luas dibidang sains dan IT termasuk bidang lainnya. “Kami menyampaikan apresiasi kepada Primagama, karena kegiatan ini gayung bersambut dengan program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) Bapak Bupati Badung, salah satunya di bidang pendidikan,” jelasnya.

Melalui PPNSB, Pemkab Badung telah mengimplementasikan program ini ke sekolah-sekolah dengan bantuan seragam lengkap bagi siswa baru SD kelas 1 dan SMP kelas 1 serta laptop bagi siswa SD kelas V dan VI se-Badung. Setelah fasilitas ada, tentunya harus ada program-program lanjutan untuk memantapkan kemampuan siswa khususnya dibidang IT. Sekali lagi, Made Mandi menyampaikan apresiasi atas peran masyarakat khususnya lembaga pendidikan non formal yang telah membantu Pemkab Badung dalam upaya mendorong untuk meningkatkan kualitas pendidikan IT di Badung.

Manager Cabang Primagama Bali-Nusra, Harris Ubaiddilah menjelaskan OSBK ini merupakan yang pertama dilakukan di Kabupaten Badung. File projek ini nanti akan dibawa untuk tingkat nasional. Dipilihnya Badung sebagai pilot projek OSBK, karena Badung telah siap secara infrastruktur IT-nya sehingga dijadikan percontohan. “Kami harapkan kedepan, OSBK ini akan menjadi event yang akan membanggakan bagi Badung,” katanya.

OSBK telah dilaksanakan selama 2 (dua) bulan, babak penyisihan dilaksanakan di seluruh sekolah SD di Kabupaten Badung, dari penyisihan tersebut disaring satu orang siswa terbaik masing-masing sekolah untuk mengikuti babak Final OSBK ini. “Peserta yang masuk final sebanyak 249 siswa dari penjaringan sebanyak 7000 siswa,” jelasnya. Bagi para pemenang akan dicari tiga orang terbaik dan akan diberi apresiasi berupa piala dan beasiswa dari Primagama dan Disdikpora.(humas-badung/bpn)