Fakultas Biologi UGM dan UTAR Malaysia Perkuat Kerjasama

0
42

BALIPORTALNEWS.COM – Fakultas Biologi UGM dan Faculty of Science Universiti Tun Abdul Rahman (UTAR) Malaysia sepakat memperkuat kerja sama dalam bidang akademik dan riset.

Hal tersebut mengemuka dalam lawatan yang  dilaksanakan Fakultas Biologi UGM ke Faculty of Scinece UTAR pada 28-20 November 2017 lalu. Delegasi Fakultas Biologi UGM yang dipimpin langsung oleh Dekan Dr. Budi S. Daryono, M.Agr.Sc., disambut baik oleh Dekan Faculty of Science UTAR, Dr. Lim Tuck Meng, di Kampus UTAR Kampar, Perak, Malaysia.

Dalam kunjungan tersebut Dekan Fakultas Biologi UGM turut didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Biologi UGM , Rina Sri Kasiamdari ,S.Si., Ph.D, dan Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama Fakultas Biologi UGM, Dr. Eko Agus Suyono, M.App.Sc., mendiskusikan rencana kerja sama yang akan dilaksanakan di masa mendatang.

Beberapa poin kerja sama yang disepakati antara lain Online lecture, Summer course, Student internship, Joint supervision, Publication of community service activityInternational Seminar in UTAR, ICBS, Research CollaborationJoint publication dan Visiting Lecturer.

Budi menyampaikan lawatan dilakukan sebagai kunjungan atas kunjungan UTAR Malaysia yang sudah dilaksanakan pada awal tahun 2017 lalu. Saat itu UTAR Malaysia mengirimkan sebanyak 27 mahasiswanya untuk belajar biologi di Fakultas Biologi UGM.

“Lawatan ini sebagai tindak lanjut kerja sama akademik dan riset antara Fakultas Biologi UGM dengan Faculty of Sciences UTAR,”jelasnya.

Budi menuturkan salah satu bentuk kerja sama yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat adalah kuliah on line bersama untuk mahasiswa S1 Fakultas Biologi UGM dengan undergraduate students dari Faculty of Sciences UTAR pada Februari 2018 mendataang.

“Kuliah online ini diselenggarakan dalam rangka menghadapi tantangan disruptif inovasi dan teknologi yang akhir-akhir ini terjadi di dunia industri dan akan segera terjadi di dunia pendidikan tinggi Indonesia,”ujarnya.

Selain kuliah online, UTAR juga akan mengirimkan mahasiswa dan dosen untuk mengikuti kegiatan Summer Course di Fakultas Biologi UGM. Menurut rencana nantinya akan dikirimkan sebanyak 30 mahasiswa program  S1 dan 6 Dosen yang akan mengikuti kegiatan ini.

Disamping membahas peningkatan kerja sama, dalam lawatan itu Dekan Fakultas Biologi UGM berkesempatan memberikan kuliah tamu dihadapan mahasiswa  Faculty of Science UTAR. Menyampaikan materi terkait pentingnya komoditas melon dan tantangan dalam budidaya melon, hingga penerapan biologi molekular dalam pemuliaan dan untuk mengatasi virus pada tanaman melon. Budi juga memaparkan hasil penemuannya yaitu tiga gen ketahanan melon terhadap virus CMV, PRSV dan KGMMV yaitu gen Creb-2, Prv-p dan Krey. (ika/humas-ugm/bpn)