Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Bali di Hotel Harris Sunset Road, Badung, Rabu (6/12/2017). Dalam sambutannya, Wagub Sudikerta mengatakan erupsi Gunung Agung yang terjadi saat ini perlu menjadi bahan pemikiran pengurus baru HIPMI Bali.

Menurutnya hal ini tidak mudah, karena yang paling dipengaruhi oleh kondisi yang penuh dengan ketidakpastian ini adalah motor penggerak perekonomian Bali, yaitu sektor pariwisata.

“Kita ketahui bersama dengan menurunnya jumlah kunjungan wisata akan berdampak pada sektor-sektor lainnya terutama pada sektor primer dan sekunder,” ujarnya.

Ia berharap kondisi ini tidak berlangsung lama dan sekaligus berharap kepada HIPMI Bali untuk mencarikan solusi dan jalan keluar terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat Bali saat ini. Momentum Rakerda ini menurutnya saat yang tepat untuk HIPMI Bali menentukan langkah-langkah ke depan mengatasi persoalan keterpurukan parwisata.

Baca Juga :  Safari Ramadhan APJII Bali Nusra, Mempererat Silaturahmi dan Peduli pada Sesama

Ketua KADIN Bali AA Ngurah Alit Wiraputra menyarankan pengusaha di Bali agar melakukan diversifikasi usaha di luar pariwisata. Menurutnya sektor eksportir dan agribisnis memiliki peluang yang besar untuk hidup dan berkembang terus di masa depan. Rakerda ini diharapkannya mampu dimanfaatkan HIPMI Bali untuk menyamakan visi dalam menghadapi tantangan dan persoalan di tahun 2018.

Ketua Umum HIPMI Bali yang baru terpilih dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SPKK mengatakan HIPMI Bali ke depan memiliki visi untuk memberi manfaat untuk semua, baik untuk pemerintah, masyarakat, pengurus dan anggota. Diantaranya dengan meningkatkan jumlah wirausaha muda yang diharapkan bisa berkiprah menjadi pengusaha besar bukan saja di daerah namun juga di nasional. Selain itu, menyikapi kondisi perekonomian akhir akhir ini, pihaknya berniat mengembangkan industri kreatif yang menurutnya lebih tahan terhadap goncangan.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Selain Rakerda, pada hari yang sama juga dilakukan Diklatda dan Pelantikan Pengurus HIPMI Bali periode 2017-2020 yang dilantik oleh Ketua UMUM BPP HIPMI Bahlil Lahadalia. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News