Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta dengan didampingi Kepala Biro Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, I Nengah Laba, berbaur bersama masyarakat setempat untuk melaksanakan persembahyangan serangkaian Karya Ngusabha Pengoot Emping di Pura Penataran Puseh Bale Agung Desa Pekraman Jelekungkang, Desa Taman Bali, dan juga Karya Pujawali Lan Padudusan Agung di Pura Anyar Tirta Empul Desa Tembuku Kaja, Tembuku, Bangli, Selasa (7/11/2017).

Dalam dharma wacananya, Sudikerta menyampaikan pada hakekatnya upacara atau yadnya merupakan wujud rasa syukur dan terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Pelaksanaan upacara juga untuk memohon perlindungan dan kesejahteraan sekala dan niskala. Untuk itu pihaknya mengingatkan agar dalam ber-yadnya dilaksanakan sesuai dengan kemampuan krama.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Muspayang Bhakti Tawur Labuh Gentuh Sasih Kesanga di Catus Pata Bangli

“Pelaksanaan yadnya merupakan rasa bhakti, suatu persembahan suci yang dilaksanakan dengan tulus ikhlas. Jadi saya ingatkan kembali dalam beryadnya lakukanlah sesuai kemampuan, jangan sampai membebani warga. Lakukan yadnya dengan gotong royong dan saling membantu antar sesama,“ katanya.

Lebih jauh, Sudikerta berharap serangkaian karya yang harus dilaksanakan, warga tidak lupa untuk menjaga kesehatannya. Karena dengan badan yang sehat akan mampu untuk melaksanakan yadnya dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Sudikerta juga mengingatkan agar dalam membuat sesajen/banten hendaknya selalu menggunakan buah lokal. Persembahan dengan menggunakan buah lokal merupakan wujud terima kasih kita.

Pada kedua tempat tersebut, Sudikerta menyerahkan punia untuk meringankan beban krama dalam melaksanakan yadnyanya. Bendesa Desa Pakraman Jelekungkang, I Wayan Wirya mengucapkan terimakasihnya atas kesediaan Wakil Gubernur Bali untuk menghadiri upacara dan bersembahyang bersama masyarakat. Turut hadir pula Anggota DPRD Bali, Wayan Gunawan dan mantan Komisioner KPI Bali, Komang Suarsana. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News