Pemkot Denpasar Ikuti Pameran Korpri Expo 2017

291

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian menyambut HUT Korpri ke-46, Dewan Pengurus Korpri Nasional menggelar kegiatan “Pameran Korpri Expo 2017”. Pameran ini melibatkan seluruh Pemerintah Daerah se-Indonesia, tidak terkecuali Pemerintah Kota Denpasar. Tampak rombongan dari Dewan Pengurus Korpri Kota Denpasar dipimpin langsung Ketua Pengurus Korpri Denpasar, A.A.N Rai Iswara, Asisten Administrasi Pemerintahan, I Made Toya, Asisten Administrasi Umum, I.G.N Eddy Mulya serta Kepala OPD terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh sekaligus Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional berkesempatan meninjau langsung stand dari Pemerintah Kota Denpasar, Minggu (26/11/2017) di Halaman parkir kantor Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Rai Iswara dihadapan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh langsung menjelaskan Inovasi Pelayanan Publik yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Denpasar serta memaparkan tentang filosofi  pelayanan Sewaka Dharma yang diprakarsai oleh Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra.

“Hendaknya kita harus berbangga memiliki filosofi Sewaka Dharma yang diprakarsai oleh bapak Walikota Rai Mantra yang cerdas ini, dimana filosofi tersebut berarti melayani adalah suatu kewajiban. Dan dari filosofi  inilah pelayanan Pemerintah Kota Denpasar dilirik serta dijadikan acuan yang menginspirasi pelayanan publik secara nasional,” kata Rai Iswara.

Lebih lanjut Rai Iswara mengatakan, filosofi Sewaka Dharma harus terus melandasi setiap Aparatur Sipil Negara  (ASN) di Pemerintah Kota Denpasar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat guna menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Dalam menjalankan filosofi ini hendaknya jangan setengah hati, namun tetap menghadirkan prinsip kehati-hatian, kebaikan, kebenaran guna memenuhi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. Untuk dapat melaksanakan filosofi ini, kita dituntut untuk melakukan perubahan paradigma pemerintahan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi tanpa harus kehilangan sosial budaya dalam berinteraksi serta melakukan tugas sesuai dengan tugas kita masing-masing.

Selebihnya menurut Rai Iswara keseluruhan tugas dan fungsi pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan merupakan wujud pelayanan. Seluruh tugas ini hanya mungkin dilakukan, bila didukung oleh struktur yang efektif dan efisien, kultur yang profesional, transparan, dan akuntabel, serta aparatur yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi.

Di sinilah kehadiran filosofi Sewaka Dharma memegang peran penting untuk mewujudkan pemerintahan yang kuat, bersih, dan berwibawa sebagai syarat keberhasilan negara dalam mengemban kewajibannya.

Sementara, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri,, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi inovasi pelayanan serta filosofi Sewaka Dharma yang telah diterapkan di setiap Jajaran ASN Pemerintah Kota Denpasar. Kegiatan Korpri Expo ini merupakan sebuah rutinitas tahunan dari Korpri dan berbagai karya nyata Korpri telah ditampilkan di seluruh penjuru Indonesia yang mana hal ini membuktikan personal-personal Korpri sudah semakin mandiri dan profesional.

“Kegiatan ini bertujuan ajang silaturahmi dan saling berbagi informasi antar seluruh pengurus Korpri di semua tingkatan dan stakeholder yang ada. Selain itu kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menunjukan kualitas pelayanan serta kreatifitas pengabdian dan karya nyata dari para pegawai Negeri Sipil di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (ngurah/humas-dps/bpn)