Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dari 69 peserta yang mengikuti lomba Wirausaha Muda Denpasar tahun 2017 ini, terjaring sebanyak 18 peserta yang lolos dan bersaing di dalam malam Penobatan Grand Final Wirausaha Muda Denpasar yang kembali digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, Sabtu malam, (25/11/2017) di Colony Creative, Plaza Renon.

Dimana lomba WMD Denpasar ini merupakan yang ke-8 kalinya dilaksanakan oleh Pemkot Denpasar melalui Bagian Ekonomi Kota Denpasar yang bersinergi dengan anak-anak muda kreatif yang tergabung dalam Komunitas Wirausaha Muda (WMD) Denpasar.

Walikota Denpasar dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadis Pariwisata Kota Denpasar M.A. Dezire Mulyani, mengatakan, Pemkot Denpasar terus berupaya untuk mebangkitkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan generasi muda di Denpasar melalui berbagai program, salah satunya melalui lomba wirausaha muda Denpasar ini yang sudah dilaksakan dari tahun 2010 lalu.

Dikarenakan kedepan ini lapangan pekerjaan semakin sulit dan terbatas, maka menjadi wirausaha merupakan alternative sebagai jalan keluar. Disebabkan kewirausahaan dipil sebagai tujuan untuk mendorong generasi muda agar dapat menjadi actor utama pertumbuhan kesejahteraan bangsa, melalui usaha yang mereka kembangkan dan dapat menghasilkan multipler effect yang positif bagi perekonomian.

Baca Juga :  Dibuka Antari Jaya Negara, Libatkan Dua Narasumber TP PKK dan WHDI Denpasar Gelar Pelatihan Tata Rias dan Sanggul Bali

 “Untuk itu saya mengapresiasi kepada wirausaha muda Denpasar untuk terus meningkatkan kreativitasnya, serta keberadaan wirausahawan juga sangat membantu dalam mengurangi pengangguran”, katanya.

Sementara Kabag Ekonomi Setda Kota Denpasar Made Saryawan mengatakan melalui kompetisi WMD pihaknya mendorong generasi muda dengan pemikiran kreatif dapat mewujudkan lowongan kerja baru yang tentu menjadi lapangan perkerjaan yang berimbas pada pengurangan pengangguran.

“Dimana dengan lomba wirausaha muda ini kita berusaha menggali potensi anak-anak muda Kota Denpasar yang berjiwa entrepreneur untuk kita angkat ketempat yang lebih tinggi untuk menyampaikan informasi usaha-usahanya sehingga kita mudah dalam hal pembinaan dan bisa memotifasi masyarakat untuk lebih banyak berbisnis dan berwira usaha,” ungkap Saryawan.

Ketua Komunitas WMD Denpasar, dr. I Putu Wirama mengatakan, Kompetisi WMD yang memasuki tahun ke delapan dan mampu menciptakan 129 orang wirausaha muda baru dari katagori umum, siswa SMA/SMK se-Kota Denpasar dan katagori IT (digital start up). Dimana dalam grand final WMD ke delapan ini dari masing-masing katagori, 18 peserta yang sudah melaksanakan tahapan akhir penjurian yakni persentasi di hadapan dewan juri, mengenai masing-masing kehebatan usaha mereka dengan kurun waktu masing-masing selama 3 menit.

Dan menetapkan Kadek Chintya Dwi Pratiwi dengan nama usaha “Dewata Printing Bali” sebagai Juara Pertama katagori umum WMD 2017. Disusul peringkat kedua A.A. Ayu Lani Ratnasari dengan nama usaha “L decoration” dan peringkat ke tiga diraih Dewa Ngakan Putu Bagus Yuda Pratama dengan nama usaha “Helshoes”.

Baca Juga :  Aplikasi Media Tiga Dimensi Organ Pencernaan Muncul dari Kolaborasi Mahasiswa dan SMP Sapta Andika Denpasar

Sementara untuk tingkat IT berasil keluar sebagai juara I adalah I Gede Sugita Aryandana dengan nama usaha “Share Trans”, Juara II diraih A.A.S. Mirah Mahaswari dengan nama usaha “Childminder.id” dan Juara III diraih  Sukra Widyawan dengan nama usaha “Sushi”.

Untuk tingkat SMA/SMK Juara I berasil diraih, I Made Andika Bara Kusuma dari SMK Farmasi Bintang Persada dengan judul proposal “Mahiya Incense (Dupa Pengusir Serangga)”, Juara II diraih Ketut Ayu Surya Manika Sari dari SMAN 1 Denpasar dengan judul proposal “Kacitrayang Story Bagger, dan Juara III diraih Fariz Aditya Chandra dari SMAN 4 Denpasar dengan judul proposal “O’Bras Food & CO”. (ays’/humas-dps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News