Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, – JATINANGORUniversitas Padjadjaran kembali mengajak sivitas akademika hingga tenaga kependidikan untuk berkeliling dunia dalam satu hari melalui ajang “International Day: Expadtriats (Expanding Unpad Through International Insight, Art, and Science)” yang digelar di Gedung Rektorat Unpad Jatinangor, Selasa (28/11/2017). Sejumlah mahasiswa asing Unpad dari 22 negara berbagi kuliner khas dan menyuguhkan penampilan kebudayaan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A saat membuka kegiatan mengatakan bahwa “International Day” menjadi tempat bertemunya para mahasiswa Unpad, dimana kegiatan ini tidak hanya melibatkan mahasiswa asing tetapi juga mahasiswa domestik.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

“Kegiatan ini diharapkan akan menjadi jembatan, dimana tidak seharusnya ada jarak antara mahasiswa asing dengan mahasiswa domestik. Kita adalah satu keluarga besar Unpad. Seharusnya ada kolaborasi di antara para mahasiswa Unpad,” ujarnya.

Kegiatan ini memungkinkan para mahasiswa asing saling berbagi pengalaman dan informasi satu sama lain. Dr. Arry pun mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat semakin membawa Unpad di kancah internasional.

“Diharapkan juga, kegiatan ini dapat menjadi soft diplomacy untuk Indonesia dan Unpad. Mahasiswa asing Unpad dapat menjadi duta Unpad di negara mereka nantinya,” kata Dr. Arry.

Sejumlah negara yang terlibat dalam kegiatan tersebut di antaranya, Yaman, Uganda, Polandia, Laos, Thailand, India, Afganistan, Azerbaijan, Filipina, Palestina, Bangladesh, Tanzania, Vietnam, Fiji, Republik Rakyat Ciina, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Benin, dan Tajikistan.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Tempa Generasi Muda Tangguh Lewat Dianpinru dan Dianpinsat 2024

“Di Expadtriats, kita akan melihat 22 negara yang mepresentasikan apa yang menjadi kebudayaan mereka, apa yang menjadi keunikan mereka,” kata Kepala Kantor Internasional Unpad sekaligus ketua panitia “International Day” Ronny Lesmana, MD, M.Kes., AIFO, PhD.

Selain pengenalan kebudayaan, kegiatan tersebut juga menyuguhkan berbagai informasi terkait beasiswa dan studi di sejumlah negara, seperti di Australia, Perancis, dan Inggris.

“Mereka akan memberikan wawasan yang cukup bermanfaat bagi mahasiswa Unpad, khususnya pada saat mereka nanti akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi,” kata sekretaris Expadtriats, Kasno Pamungkas, M.Hum. (humas-unpad/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News