Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Ahli Gizi UGM, DR. Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz., RD, MPH., menyampaikan pentingnya konsumsi ikan bagi masyarakat. Pasalnya, dalam ikan air tawar maupun ikan air laut memiliki kandungan protein hewani yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan di segala usia.

“Ikan memiliki lemak yang didalamnya mengandung omega-3 yang sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak,” jelasnya baru-baru ini memeringati Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November 2016.

Mirza menyebutkan ikan mengandung omega-3 yang cukup tinggi, terutama ikan air laut seperti pada salmon dan kakap merah. Sementara ikan air tawar yang memiliki kandungan omega-3 yang tergolong tinggi terdapat pada ikan lele dan ikan gabus.

“Konsumsi ikan ini sangat dianjurkan sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan protein dalam tubuh. Minimal 1 porsi ikan sehari dikombinasikan dengan sumber protein lainnya,” jelasnya.

Baca Juga :  Model SUV Honda Dominasi Lebih Dari 70 Persen Penjualan Honda di IIMS 2024 

Meskipun memililki kandungan omega-3 yang tinggi, namun disebutkan Mirza pengolahan ikan yang kurang sehat dapat menurunkan manfaat ikan. Dalam mengolah ikan menjadi menu makanan sehari-hari hendaknya dilakukan dengan menerapkan teknik memasak yang sehat. Misalnya dengan direbus, kukus, maupun pepes dan menghindari mengolah dengan digoreng maupun penambahan bahan masakan seperti santan yang berlebihan.

“Sumber makanan sudah bagus, tapi kalau cara mengolahnya tidak sehat bisa menghasilkan zat yang kontraproduktif bagi tubuh. Kalau memasak dengan digoreng atau ditambah santan akan menambah kolesterol di tubuh,” kata Dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM ini.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Sudah Lapor SPT Tahunan

Mirza pun kembali mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan dan menjadikannya sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan protein tubuh. Terlebih Indonesia memiliki banyak sumber daya perikanan. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News