Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bali memiliki beragam budaya yang luar biasa. Tidak hanya keseniannya, tapi cerita rakyat Bali yang disuguhkan dalam bahasa Bali yang disebut mesatua. Di era globalisasi budaya bertutur lisan seperti mesatua Bali semakin hilang dan punah. Apalagi saat ini banyak sumber hiburan menerpa kehidupan anak-anak.

Agar tradisi mesatua yang memiliki banyak manfaat itu tidak sampai punah, Bunda PAUD Kota Denpasar, IA Selly Dharmawijaya Mantra, mengharapkan lembaga PAUD di Kota Denpasar lebih menggiatkan mesatua Bali dalam proses pembelajaran. Ia menyebutkan, di Bali kita mengenal satua Bali seperti satua Ni Tuwung Kuning, Ni Lobang Kori,  Pan Cublik, Pan Balang Tamak dan lain-lain  umumnya mengandung kearifan-kearifan lokal yang sangat positif untuk pembentukan karakter generasi muda Bali.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Terus Galakkan Beragam Inovasi Jaga Stabilitas Inflasi Berkelanjutan

‘’Mesatua ternyata banyak manfaatnya. Melalui mesatua kita menanamkan karakter anak didik menjadi anak suputra,’’ ujar Selly Mantra usai menyerahkan bantuan alat permainan edukatif (APE) di PAUD Lebah Sari, Banjar Lebah, Sumerta Kaja, Denpasar Timur, Senin (6/11/2017) kemarin.

Menurut Selly Mantra, satua Bali inilah yang harus dikembangkan para pendidikan PAUD untuk dapat dijadikan sebagai alat atau jembatan untuk mencapai visi dan misi pendidikan karakter. Mesatua dapat mengasah imajinasi dan fantasi anak.

‘’Ketika imajinasi dan fantasi anak terasah, maka kemampuan otak kanan dengan sendirinya akan terasah dan kinerjanya akan semakin maksimal,’’ ucap istri Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra ini.

Selly Mantra menambahkan, dari kegiatan mesatua dapat mendekatkan hubungan antara guru dengan peserta didik di sekolah, lebih mendekatkan hubungan cinta antara orang tua dengan anak, meningkatkan sikap kritis, meningkatkan imajinasi, meningkatkan fantasi serta menumbuhkembangkan kelembutan hati anak-anak. Dengan mesatua dapat menjadi jembatan komunikasi efektif dalam menyampaikan pengajaran kepada anak-anak, baik di rumah maupun di sekolah. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News