Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar kejuaraan multievent berskala nasional, yakni Gala Desa yang merupakan ajang lanjutan kampanye gerakan Ayo Olahraga. Di Denpasar pembukaan Gala Desa dilangsungkan di gedung serbaguna SMPN 2 Denpasar, Rabu (8/11//2017) kemarin.

Gala Desa dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Drs. Wayan Sukana. Gala Desa kali ini mempertandingkan enam cabang olahraga (cabor) meliputi sepak bola, bulu tangkis, sepak takraw, voli, tenis meja dan atletik.

Tuparno perwakilan Kemenpora mengatakan, Gala Desa bertujuan dalam rangka menunjang gerakan Ayo Olahraga, menjadikan masyarakat sehat dan bugar. Kedua, terciptanya ketahanan sosial, serta mengggali potensi dan bakat olahraga yang berasal dari desa/kelurahan untuk bisa dikembangan di tingkat nasional dan internasional.

Dikatakan, Gala Desa 2017 adalah program unggulan Kemenpora yang dilaksanakan di 34 provinsi, 136 kabupaten/kota yang melibatkan 816 kelurahan/desa. Dari pelaksanaan Gala Desa di Denpasar, ia berharap muncul atlet-atlet yang berpotensi dan berprestasi sehingga bisa membanggakan daerah, dan membanggakan Indonesia.

Baca Juga :  Tingkatkan SDM Pelaku UMKM Kuliner, Pemkot Denpasar Gelar Pelatihan dan Pendampingan Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Sementara Wayan Sukana mengatakan, Gala Desa ini sangat bermanfaat bagi insan olahraga Kota Denpasar. Selain bermanfaat bagi kesehatan, juga ada unsur kebersamaan yang mengandung nilai koperatif dalam sebuah laga yang kemudian perkembangannya menjadi olahraga prestasi, sehingga tumbuh atlet-atlet berbakat.

Lebih lanjut dikatakan Sukana, event Gala Desa ini cerminan dan kepedulian Pemkot Denpasar. Event Gala Desa ini diharapkan nanti mendapatkan atlet berprestasi dengan menjunjung tinggi sportivitas untuk mewujudkan visi Kota Denpasar yang berwawasan budaya, yaitu budaya sehat, budaya tertib, budaya bersih, budaya disiplin dan sebagainya.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir, PUPR Denpasar Rutin Bersihkan Sampah di Sungai, Drainase dan Saluran Air

‘’Mewujudkan visi tersebut diperlukan sinergi, partisipasi dan peran semua komponen masyarakat,’’ ujarnya.

Diharapkan, dari ajang Gala Desa ini tumbuh atlet-atlet berbakat yang nantinya dapat mewakili Kota Denpasar pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan mewakili Bali di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Lebih dari itu, kegiatan ini sebagai upaya pembentukan kualitas karakter manusia Bali. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News