BALIPORTALNEWS.COM – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) meluncurkan channel televisi kesehatan InaHealth TV sebagai media dalam menyampaikan dan menyebarluaskan informasi kesehatan di masyarakat.

“InaHelath TV merupakan tonggak untuk merealisasikan institusi pendidikan menjadi menara air, sebagai oase yang mengobati hausnya informasi khususnya kesehatan  yang terpercaya,” kata Dekan FK UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K) dalam launching InaHealth TV di Auditorium Fakultas Kedokteran UGM, Senin (13/11/2017).

Ova menyebutkan InaHealth TV menjadi saluran yang menyediakan berbagai informasi kesehatan yang penting dan bisa diakses secara mudah oleh masyarakat.

“Semoga kehadiran tv ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” tuturnya.

Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng., yang sambutannya dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat drg. Ika Dewi Ana, M.Kes., Ph.D., menyampaikan bahwa saat ini masyarakat berada pada era teknologi dan komunikasi dengan perkembangan semakin pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, terutama kehadiran media sosial memungkinkan beredarnya informasi-informasi kesehatan yang tidak akurat (hoaks) dengan cepat dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Kebutuhan informasi yang berkualitas di masyarakat semakin tinggi, termasuk kesehatan. Oleh sebab itu UGM konsen terhadap hal ini dan mendukung FK yang menginsiasi televisi kesehatan melalui InaHealth TV dan bisa memberikan manfaat bagi masyarakt luas,” urainya.

Sementara Bupati Sleman Sri Purnomo mengapresiasi hadirnya InaHelath TV. Televisi ini menjadi bagian untuk mengedukasi masyarakat terkait bidang kesehatan.

“InaHealth TV diharapkan dapat memberikan edukasi bagi maayarajat awan dengan menyajikan berbagai informasi kesehatan yang benar,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan naskah MoU antara FK UGM dengan PT. Sarana Media Vision. Kerja sama dilakukan dalam pengembangan channel televisi kesehatan untuk memberikan infromasi kesehatan yang terjangkau dan terpercaya.

InaHelath TV telah dikembangkan sejak bulan April 2017 lalu. Mulai mengudara bertepatan pada hari Kesehatan nasinal yang jatuh pada 12 November 2017.

Penyiaran InaHelath TV dilakukan melalui dua cara yaitu melalui televisi berlangganan dan TV streaming system melalui channel youtube maupun facebook live. Kedepan, televisi ini juga akan dikembangkan agar dapat diakses melalui televisi digital sehingga jangkauannya bisa menyeluruh di berbagai lapisan masyarakat. (ika/humas-ugm/bpn; foto:bani)


Pantau terus baliportalnews.com di :