I Bagus Alit Sucipta Dikukuhkan Sebagai Ketua Lembaga Dewan Pendekar PSPS Bakti Negara Pusat

BALIPORTALNEWS.COM – Usainya pembangunan pelinggih  dan wantilan serbaguna di Pura Wiyata Mandala Pusat Bakti Negara Bali di Banjar Batu Mekaem, Desa Ubung Kaja, Kecamatan  Denpasar Utara, seluruh pengurus dan anggota PSPS Bakti Negara Bali melaksanakan karya upacara padudusan alit, dan pecaruan  Rsi Gana pada Sabtu (18/11/2017). Kegiatan yang bertepadan dengan rahine Tilem Kalima tersebut di-puput oleh Ida Pedanda  dari Griya Balun, Denpasar.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan Ketua Lembaga Dewan Pendekar  PSPS Bakti Negara Pusat angkatan ke-3. Dalam kegiatan pengukuhan tersebut dipercaya sebagai Ketua Lembaga Dewan Pendekar PSPS Bakti Negara Pusat yakni I Bagus Alit Sucipta, SH ditandai dengan pemasangan sabuk putih sebagai sabuk tertinggi pendekar PSPS Bakti Negara oleh Ketua Koordinator Dewan Pertimbangan Lembaga Pendekar PSPS Bakti Negara, Dr.dr. I Ketut Rina. I Bagus Alit Sucipta dipercayai sebagai ketua untuk menggantikan I Bagus Alit Dira yang telah almarhum beberapa waktu lalu.

Alit Sucipta usai dikukuhkan mengatakan,  Bakti Negara sebagai warisan budaya pencak silat asli Bali tetap berkomitmen untuk meningkatkan prestasi-prestasi dibidang pencak silat dimasa mendatang. “Ini adalah amanah yang dipercayakan ke saya untuk memimpin PSPS Bakti Negara dan akan saya jalankan. Setelah pengukuhan ini kami harapkan tokoh-tokoh  atau para pendekar di Bakti Negara tetap menjalin kerjasama untuk ikut membesarkan nama pencak silat asli Bali ini dengan berkontibusi ikut memberikan sumbang pikiran dalam pengembangan prestasi para atlet di Bakti negara,”tegasnya.

Ketua Panitia I Wayan Runa mengatakan, pelaksanaan karya dan pengukuhan ketua lembaga ini merupakan hasil rapat para pengurus dewan pendekar se-Bali dan ketua cabang pada Jumat (10/11). Sementara untuk persiapan mendak tirta di 23 Pura se-Bali sudah dilakukan sejak tanggal 12 November 2017. “Untuk upacara puncaknya, kami laksanakan pada hari Sabtu (18/11) bertepatan dengan rahine Tilem Kalima,”tegasnya.

Sementara Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta yang juga selaku Ketua Umum DPD PSPS Bakti Negara Bali mengapresiasi atas pengukuhan yang telah dilakukan tersebut. Begitu juga karya piodalan, padudusan alit, dan pecaruan  Rsi Gana  di Pura Wiyata Mandala Pusat Bakti Negara Bali berjalan dengan lancar.

“Bakti Negara adalah pencak silat asli Bali, dan patut untuk kita pertahankan dan bila perlu dikembangkan. Hal ini merupakan bagian dari kebudayaan dan seni dari Bali, maka itu harus ada regenerasi dalam memimpin lembaga ini. sekali lagi saya ucapkan selamat kepada saudara kita yakni  I Bagus Alit Sucipta yang telah dikukuhkan sebagai Ketua Lembaga Dewan Pendekar PSPS Bakti Negara Pusat menggadikan ayahnya yang telah almarhum. Kita berharap Bakti Negara semakin eksis dan semakin banyak menorehkan prestasi baik ditingkat regional mapun internasional sehingga dapat pengharumpakn nama Bali dan lembaga PSPS Bakti Negara,” ujarnya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :