Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pentas Budaya dan Utsawa Dharma Gita (UDG)  Kecamatan Denpasar Timur (Dentim) berlangsung dengan meriah yang diwarnai dengan berbagai pementasan seperti tari-tarian, sloka, dan tabuh kekebyaran pada Sabtu (30/9/2017) di Pura Desa Pakraman Taman Poh Manis, Desa Penatih Dangin Puri.

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Plt. Kadis Kebudayaan,Nyoman Sujati, Camat Denpasar Timur, Dewa Made Puspawan, Perbekel/Lurah dan Bendesa se-Kecamatan Denpasar Timur, serta instansi terkait lainnya.

Pembukaan UDG serta Pentas Seni ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra. Dilanjutkan dengan penampilan sekaa gong anak-anak yowana mredangga Jaya Banjar Pohmanis yang silih berganti menampilkan tabuh kreasi dan tarian dengan sekaa gong anak-anak kumara santi Banjar Taman Desa Penatih Dangin Puri.

Plt. Kadis Kebudayaan , Nyoman Sujati didampingi Ketua Panitia, I Wayan Suada, mengatakan, Utsawa Dharma Gita dan Pentas Seni Budaya merupakan media informasi atau ajang pertemuan antar peserta UDG dan Pentas Seni Budaya.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Sembahyang Pujawali di Pura Luhur Muncak Sari

Kegiatan yang diselenggarakan ini untuk meningkatkan kerjasama antar peserta dalam rangka mewujudkan Denpasar yang berwawasan budaya, meningkatkan atau mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa pakraman, dan memperoleh bibit-bibit dan peserta yang akan diikutsertakan dalam UDG Tingkat Kota Denpasar.

”Utsawa Dharma Gita Kecamatan Denpasar Timur ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 30 September-1 Oktober 2017 di Pura Desa Pakraman Taman Poh Manis,” kata Suada.

Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, menyatakan, kegiatan Utsawa Dharma Gita merupakan program berkelanjutan untuk seni budaya yang perlu ditingkatkan lagi. Selain itu, kegiatan budaya yang telah menjadi program Pemerintah Kota Denpasar yang masih berjalan akan terus dikuatkan dan dipertahankan.

”Utsawa DharmaGita ini dalam tahap pengembangan. Dan Utsawa Dharma Gita ini akan terus kami lanjutkan setiap tahunnya,” ujar Rai Mantra.

Sementara Camat Denpasar Timur, Dewa Made Puspawan, menambahkan, Utsawa Dharma Gita ini merupakan agenda Kecamatan Denpasar Timur setiap tahunnya. Kegiatan ini untuk mencari bibit-bibit yang akan menjadi duta Denpasar Timur ke Tingkat Kota Denpasar sampai Tingkat Provinsi Bali. Di samping itu, kegiatan ini juga diharapkan sebanyak 12 Desa Pakraman di Denpasar Timur dapat  mengikuti 19 kategori yang dilombakan.

Baca Juga :  215 Pengelola Koperasi di Denpasar Ikuti Diklat dan Uji Kompetensi

 ”Dengan Utsawa Dharma Gita ini kami ingin menghindari generasi muda dari pengaruh-pengaruh yang tidak baik, dan paling tidak generasi muda ini memiliki integritas, berkarakter, dan memiliki jati diri sebagai generasi muda Kota Denpasar yang tangguh dan tetap berakar Budaya Bali,” ujarnya. (eka/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News