Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertepatan dengan Soma Pon Dunggulan, Senin (30/10/2017) sejak pagi hari masyarakat Kota Denpasar mengenakan pakaian adat kepura bernuansa putih lengkap dengan sarana persembahyangan melaksanakan serangkaian Pengeratep Karya Pedudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah Utama Pura Agung Jagatnatha Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut tampak pula Walikota Denpasar IB. Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar Wayan Mariana Wadhira, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara serta seluruh OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar berbaur bersama masyarakat melaksanakan persembahyangan besama.

Baca Juga :  Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman Selama Libur Hari Raya Idul Fitri

Rangkaian upacara ini dipuput 5 Sulinggih yakni Ida Pedanda Gede Wayahan Wanasari, Ida Pedanda Gede Sari Arimawa, Ida Pedanda Gede Putra Telaga, Ida Pedanda Buha Gunung Sari, serta Ida Rsi Punjangga (Alangkajeng).

Pelaksanaan Tawur Balik Sumpah ini berlangsung dengan sangat khusuk  diiringi dengan berbagai tarian Dewa Yadnya, wayang, kekidungan dan tetabuhan dari warga masyarakat setempat. Pelaksanaan upacara  ini sebagai wujud rasa syukur dan memohon keseimbangan alam dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kota Denpasar.

Walikota Rai Mantra mengatakan dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita dalam menjalankan kewajiban  di kehidupan sehari-hari.

“Kita berharap kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya dengan adanya upacara seperti ini nantinya dapat meningkatkan rasa bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan dengan terlaksananya karya ini menjadi berkah untuk kesejahteraan masyarakat serta umat sedharma,” kata Rai Mantra.

Baca Juga :  Suzuki Bali Serahkan Unit Jimny 5 Pintu ke Pembeli Pertama

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan upacara ini telah dilaksanakan sejak 20 Oktober lalu diawali dengan matur piuning karya dan nyukat genah dan pada 29 Oktober lalu diaksanakan pemelastian ke Pantai Padang Galak dan pada 30 Oktober dilaksanakan upakara Tawur Balik Sumpah. Sedangkan puncak kaya akan diselenggarakan pada Sukra Paing Dunggulan, Jumat 3 Nopember dan penyineban pada 6 Nopember mendatang. (eka/humas-dps/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News