Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Telah rampungnya pembangunan Pura Melating, Desa Adat Dukuh Moncos, Desa Sobangan, Kec. Mengwi, krama setempat melaksanakan Karya Ngenteg Linggih, Memungkah, Mupuk Pedagingan, Tawur Balik Sumpah Madya, Mapadudusan Agung lan Menawa Ratna.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadir pada acara mendak siwi didampingi Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst Ngr Jaya Saputra beserta Tripika Kec Mengwi, Plh. Perbekel Sobangan Ni Nyoman Suryani, Bendesa Adat Dukuh Moncos Made Sukada dan tokoh masyarakat, Rabu (4/10/2017) kemarin.

Usai melaksanakan persembahyangan bersama dengan masyarakat, Bupati Giri Prasta didampingi Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria menandatangani  prasasti dan menyerahkan dana BKK Rp.1 miliar  yang diterima Bendesa Adat Dukuh Moncos.

Pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi pelaksanaan karya di Pura Melanting yang dilaksanakan oleh krama desa adat Dukuh Moncos termasuk pembangunan balai banjar yang menyerupai wantilan dan tembok penyengker. Menurutnya, Pemkab Badung telah melaksanakan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berancana (PPNSB) semesta itu menyeluruh dan berencana terpola.Dalam PPNSB terdapat lima program yang menjadi sekala prioritas pembangunan yang merupakan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat badung, yaitu pangan sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan tenaga kerja, seni adat agama dan budaya, pariwisata.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara ‘Ngaturang Bhakti Pujawali’ di Pura Luhur Uluwatu

 “PPNSB di Badung sudah berjalan dengan baik, dan kami Pemkab Badung komit memberikan pelayanan gratis dibidang kesehatan dan pendidikan begitu pula program bedah rumah serta pelestarian seni budaya. Terkait program untuk membantu memperbaikan Pura, Balai Banjar apapun bentuknya itu menjadi tanggung jawab kami untuk menyelesaikan dan masyarakat tidak perlu lagi meturun,” jelasnya.

Dan mulai tahun 2018 nanti Bupati juga mengambil kebijakan untuk memberikan gaji kepada pemangku khyangan tiga se-Badung. Karena pemangku merupakan “jan banggul” di pura khayangan tiga.

Baca Juga :  Wujudkan Tata Kelola Arsip dan Perpustakaan Berkualitas, Diskerpus Badung Gelar Bimtek bagi Perbekel dan Ketua TP PKK Desa

Bendesa Adat Dukuh Moncos, Made Sukada menyampaikan terima kasih atas bantuan dana BKK (Bantuan Keuangan Khusus) Rp.1miliar dari Bupati Badung. Bantuan dana ini sangat meringankan beban pembiayaan khususnya untuk biaya pembangunan dan karya. Karya yang dilaksanakan yakni Karya Ngenteg Linggih, Memungkah, Mupuk Pedagingan, Tawur Balik Sumpah Madya, Mepedudusan Agung dan Menawa Ratna. Puncak Karya pada Sabtu (7/10). Dudonan karya sudah berlangsung dari nyukat genah senin (7/8), tawur agung (2/10), dan puncak karya sabtu (7/10), nganyarin minggu (8/10) sampai jumat (13/10) dan ida betara kasineb sabtu (14/10).

“Kami di desa adat dukuh moncos dengan satu banjar dan satu desa adat menyungsung kayangan tiga, pura desa, pura dalem dam pura puseh, dengan jumlah 73 pengarep. Kami sudah sangat program dari Bapak Bupati. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya bantuan yang telah kami diterima seperti bantuan mobil pecalang, dana aci serta dana pembangunan yang sekaligus dapat meringankan beban masyarakat,” tambahnya.  Untuk itu atas nama krama Desa Adat Dukuh Moncos, Sukada menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan Bupati dan DPRD Badung. Tentunya diharapkan Bupati terus memberikan tuntunan serta bantuan untuk kelanjutan pembangunan di desa adat Dukuh Moncos.

Baca Juga :  Persiapan Tawur Kesanga, Melasti, Ogoh-ogoh, dan Nyepi Caka 1946 di Badung

 “Kami bersama masyarakat akan selalu siap mendukung program dari Bupati maupun Pemerintah Kabuoaten Badung,” pungkasnya.(humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News