Ali Adriansyah Akan Tampil Maksimal di Jerez

0
121

BALIPORTALNEWS.COM – Menghadapi putaran final World Super Sport 300 (WSSP 300)  Ali Adriansyah Rusmiputro akan berusaha tampil maksimal. Rider Pertamina Almeria Racing Team itu bertekad akan mengerahkan segala kemampuannya untuk meraih hasil terbaik di Sirkuit Jerez, Spanyol pada putaran final WSSP 300 akhir pekan ini. “Saya akan berusaha tampil maksimal. Saya akan push terus,” ujar Ali Adriasnyah.

Sirkuit Jerez yang terletak di bagian selatan Andalusia menjadi seri penutup WSSP 300 musim balap 2017. Balapan WSSP 300 kali ini juga berbarengan dengan putaran ke-11 World Super Bike.

Untuk mempersiapkan diri pada putaran final ini, Ali Adriansyah melakukan berbagai latihan. Secara fisik, pemuda kelahiran 29 September 1993 ini lebih banyak melakukan latihan dengan bersepeda. Sementara untuk penguasaan tunggangan dan pemahaman karakter lintasan, ia berlatih di Sirkuit Almeria yang telah menjadi tempat tinggalnya setahun terakhir ini.

Menurut Ali Adriansyah, karakter Sirkuit Jerez serupa dengan Sirkuit Almeria. “Ada fast corner-nya, juga very technical,” ucap Ali Adriansyah. Bahkan, menurutnya, penggunaan gear dan sproket pada motor juga sama.

“Oleh karena itu, latihan kami terfokus di Sirkuit Almeria, bukan di Sirkuit Andalusia,” imbuh pebalap yang ditangani oleh David Garcia dan Maturana itu. Sirkuit Almeria dan Sirkuit Andalusia adalah dua sirkuit yang dikelola David Garcia, Manajer Pertamina Almeria Racing Team.

Bagi Ali Adriansyah sendiri Sirkuit Jerez bukan sirkuit yang baru pertama kali ia kunjungi. Selain pernah menjalani uji coba di Jerez, ia juga pernah merasakan tantangan sirkuit legendaris ini saat berkompetisi di ajang European Junior Cup pada tahun 2013. Kendala pada Yamaha YZF-R3 yang sempat ia alami pada beberapa balapan, menurut Ali Adriansyah sudah teratasi. “Sekarang tinggal bagaimana mengatur settingan motor di Jerez,” ucapnya.

Sirkuit Jerez memiliki panjang 4,423 kilometer, dengan total 13 tikungan, 8 ke kanan dan 5 ke kiri. Sirkuit ini termasuk sirkuit yang memiliki tantangan lengkap. Kontur naik turun berpadu dengan berbagai jenis tikungan, mulai yang slow corner, medium corner hingga fast corner. Tidak heran jika Jerez menjadi langganan sebagai sirkuit uji coba untuk berbagai ajang balap, baik itu MotoGP atau Formula 1.

Ajang WSSP 300 putaran final akan dibuka dengan sesi latihan bebas pada hari Jumat, 20 Oktober 2017. Sementara balapannya akan berlangsung pada hari Minggu, 22 Oktober 2017 pukul 14.20 waktu setempat atau pukul 19.20 WIB. (r/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :