BALIPORTALNEWS.COM – Sebagai bentuk edukasi kepada anggota komunitas, Astra Motor Bali kembali memberikan pelatihan keselamatan berkendara khususnya kepada komunitas Honda CBR250RR Bali. Pelaksanaan edukasi kali ini merupakan tahap kedua, setelah sebelumnya pada Juni lalu telah dilakukan penyebaran informasi melalui training eduksi safety riding.

Kegiatan yang diikuti sekitar 20 bikers yang tergabung dalam komunitas Honda CBR250RR Bali dilaksanakan pada, 20 September 2017, mengambil lokasi di Gudang Megati Tabanan. Eduksi yang diberikan berupa teknik riding yang aman di jalan raya, di mana dalam teknik tersebut diajarkan kepada pengendara wajib menganalisa tiap kondisi jalanan saat berkendara dijalan macet, tikungan dan perempatan dengan menganalisa terlebih dahulu bisa memprediksi bahaya dan cepat mengambil keputusan yang tepat.

Setelah teori  edukasi, selanjutnya dilakukan prektek cara pengereman dan cara menikung yang baik. Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat peserta lebih memahami cara pengereman yang baik di mana pengereman dilakukan menggunakan kedua rem secara bersamaan dengan porsi rem depan lebih kuat 60% dan rem belakang 40%.

Sebelum dilakukan praktek, dianjurkan dilakukan pemanasan kepada peserta supaya tidak terjadi keseleo atau kram pada saat dilakukan praktek. Selain itu, supaya para peserta lebih lues dan percaya diri dalam melakukan praktek.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti praktek. Terlihat dari antusiasnya mempraktekan cara pengereman dan cara berbelok yang dilakukannya berulang-ulang.

“Harapan kami tidak hanya mengajarkan tentang cara berkendara yang baik dan benar, namun juga merubah mindset para pengendara Honda, dan pengendara lainnya bahwa berkendara yang aman itu sangat menyenangkan. Dengan kegiatan ini harapannya peserta juga ikut mengkampanyekan #Cari_Aman saat naik motor kepada masyarakat,” ungkap Ngurah Iswahyudi, Safety Riding Promotion dan Community Astra Motor Bali.

Diakhir kegiatan ditutup dengan games menarik dengan hadiah helm dan juga pengumuman  kompetisi peserta terbaik yang penilainnya dari test praktek. (ngr/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :