BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri wisuda Sarjana (S1) dan Magister (S2) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Sabtu (16/9/2017) yang bertempat di Auditorium Dwi Tunggal Undiknas.

Bupati Badung dalam kesempatan tersebut hadir sebagai tamu kehormatan, sekaligus menjalin hubungan kerjasama Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan pihak Undiknas. Komitmen kerjasama ini diwujudkan dalam bentuk penandatanganan MoU antara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dengan Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma, D.B.A.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, memajukan bangsa dan negara melalui sektor pendidikan, kabupaten Badung sudah melaksanakan dengan sepenuhnya. Bupati Giri Prasta mengajak kepada para tenaga pendidik dan para akademisi bersama-sama untuk membangun Bali.

Pemkab badung telah memiliki program dengan 5 bidang pola penbangunan nasional semesta berencana, semesta menyeluruh dan berencana terpola. Pertama, pangan sandang dan papan, kedua pendidikan dan kesehatan, ketiga jaminan sosial dan tenaga kerja, keempat agama, adat, seni dan budaya serta kelima pariwisata.

Dalam tatanan pendidikan, pemkab Badung memiliki kebijakan yang mengandopsi UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan serta PP 17 tentang pengaturan pelaksanaan pendidikan, yang artinya pemkab Badung pro dengan pendidikan. Dimana Pemkab Badung mulai tahun 2017 tidak ada pungutan-pungutan dibidang pendidikan, dari sekolah sudah dibangkitkan PAUD dan TK Hindu, SD kelas 1 diberikan seragam sekolah, dan untuk kelas 5 dan 6 diberikan laptop.

“Ide besar yang tahun depan selesai melakukan kajian pelaksanaan untuk memberikan kesempatan masyarakat Badung dan Bali untuk sekolah diluar negeri dan setelah tamat diluar negeri dapat menjadi leader di 34 provinsi di Indonesia,” tambahnya.

Melalui MoU ini pemkab badung akan siap untuk memfasilitasi apa yang dibutuhkan akademisi untuk mampu berbuat untuk mendukung pembangynan di Badung. “Kami sangat mendukung kerjasama ini, karena Pemkab badung membutuhkan akademisi diajak membangun dengan tindakan, tidak dengan teori saja tetapi harus diimplementasikan. Kedepan kami akan selalu melakukan komunikasi yang bersinergi dengan pihak Undiknas sehingga wujud nyata bisa dilakukan untuk kepentingan masyarakat Bali secara utuh, one island one manajemen,” ungkapnya.

Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma dalam sambutannya menyampaikan, kedatangan bupati Badung merupakan suatu kehormatan bagi Undiknas, dan dengan dilaksanakannya penandatanganan MoU ini dapat menjadi awal kerjasama yang baik antara Pemkab Badung dengan Undiknas. Kesepakatan ini berlaku untuk jangka waktu 12 bulan.

Maksud kesepakatan bersama ini adalah  menjalin hubungan kemitraan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan jalan meningkatkan dan mengembangkan pembangunan disegala bidang menuju masyarakat yang maju dan sejahtera.

Sementara tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam melaksanakan, mengembangkan dan meningkatkan berbagai kegiatan melalui pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan loka karya serta peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :