BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kapolsek Selemadeg Timur AKP I Gede Surya Kusuma, S.H. tampil sebagai pembina upacara di SMPN 2 Seltim, Senin (18/9/2017). Kegiatan apel bendera tersebut diikuti 217 siswa, yang juga dihadiri para guru dan Kepala SMPN 2 Seltim, Dewa Ketut Wartika S.Pd., serta Bhabinkamtibmas Desa Tangguntiti Aiptu I Nyoman Nerken.

Dalam pesan kamtibmas, Kapolsek Seltim menyampaikan beberapa hal. Di antaranya tentang pembentukan karakter sebagai sujud bakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sanghyang Widi Wasa. Melaksanakan sembahyang puja trisandya bagi siswa yang beragama Hindu, sedangkan bagi siswa yang beragama lain supaya berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

“Nasionalisme adalah salah satu wujud menghormati para pahlawan, yaitu dengan melaksanakan upacara bendera dan mengamalkan nilai-nilai perjuangan,” ujar AKP Surya Kusuma.

Para siswa diharapkan senantiasa mengikuti arahan dan bimbingan para guru dan kepala sekolah, sesuai yang tertuang dalam catur guru sebagai guru pengajian, guru rupaka sebagai orangtua di rumah, guru wisesa sebagai pemerintah, dan guru swadiyaya sebagai Ida Sanghyang Widi Wasa.

Selain itu, para siswa juga diharapkan tertib berlalu lintas. Salah satunya memakai helm. “Jangan kebut-kebutan, jangan jadi geng motor. Bila ada yang melanggar lalu lintas, maka sepeda motor akan ditahan di Kantor Polsek Seltim, dan orangtuanya juga diundang untuk diberikan arahan. Ini demi mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Untuk itu mari kita ikuti tata tertib berlalu lintas,” tukasnya.

Surya Kusuma juga berpesan kepada para siswa agar tidak mengonsumsi minuman keras. Juga narkoba yang dapat mengancurkan generasi muda. Sebab, katanya, bila mengonsumsi narkoba dapat mengakibatkan ketergantungan, bahkan kematian.

Pada akhir sambutan, Kapolsek Seltim mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Semoga kita diberikan kesehatan, keselamatan, dan kebahagiaan,” pungkasnya. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :