Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung menggelar rapat bersama Bappeda Provinsi Bali, Selasa (8/8/2017). Rapat khusus mengavaluasi Ranperda perubahan RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung 2016-2021.

Acara yang dilaksanakan di Ruang Cempaka Bappeda Provinsi Bali dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Bali Ir. Putu Astawa beserta jajaran, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Asisten Pembangunan Setda Badung I Dewa Gede Apramana, Kepala Bappeda Badung I Made Wira Dharmajaya serta Pimpinan OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung.

Adi Arnawa mengatakan pertimbangan mendasar yang melatarbelakangi perubahan RPJMD Semesta Berencana tersebut karena keluarnya intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 061/2911/SJ Tahun 2016 tentang tindak lanjut PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah pada tanggal 4 Agustus 2016, yang pada Diktum terkait RPJMD Semesta Berencana tahun 2016-2021 Nomor 9 Tahun 2016 tentang RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung Tahun 2016-2021, harus segera ditindaklanjuti oleh seluruh pimpinan OPD di jajaran Pemkab Badung untuk dapat mengimplementasikan program-program Bupati Badung lima tahun kedepan.

 “Maka kami Pemerintah Kabupaten Badung mohon dukungan dan bimbingan dari Bappeda Provinsi Bali,” harapnya pada kesempatan tersebut. Adi Arnawa lebih lanjut menyatakan, RPJMD Semesta Berencana merupakan nafas dan roh pembangunan di Kabupaten Badung.  RPJMD Semesta Berencana merupakan refleksi dari cita cita pembangunan lima tahun mendatang yang mengganut Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang dilaksanakan secara menyeluruh (semesta) dan bertahap (berencana).

Baca Juga :  Dies Natalis Ke-46 Politeknik Pariwisata Bali, Ajak Semua Civitas Perkuat Kebersamaan

“Amanat utama dalam PPNSB adalah terkait dengan bidang sandang, pangan,dan papan, bidang pendidikan dan kesehatan, bidang adat, agama, seni dan budaya serta bidang pariwisata, termasuk regulasi, anggaran dan infrastruktur penunjang, sehingga RPJMD Semesta Berencana bisa mengimplementasikan visi dan misi Bupati/Wakil Bupati Badung terpilih,” terangnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Badung Made Wira Dhamajaya menambahkan, selain adanya regulasi baru semnagat yang melatar belakangi perubahan RPJMD Semesta Berencana karena adanya perkiraan Pendapatan Asli Daerah tahun 2017-2021 berdasarkan realisasi PAD Tahun 2016. Kemudian mengharmonisasikan subtansi sesuai dengan regulasi yang mengatur tentang akuntabilitas instansi pemerintah, khususnya yng berkaitan dengan rumusan tujuan, sasaran dan indikator yang terukur dan relevan.

Baca Juga :  Manjakan Diri di Mamaka by Ovolo, Bersantai dan Nikmati Senja yang Spektakuler

“Hal tersebut menjadi latar belakang bagi Kabupaten Badung untuk melakukan perubahan tentang RPJMD Semesta Berencana Kabupaten Badung 2016-2021,” terangnya.

“Disamping itu, untuk kebutuhan pengembangan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintahan) yang lebih sistematis dan berjenjang, dibutuhkan beberapa perbaikan dan penyelarasan berkenaan dengan tujuan, sasaran, dan indikator kinerja utama (IKU),” jelas Wira Dhamajaya lagi.

Menanggapi perubahan RPJMD Semesta Berencana tersebut, Kepala Bappeda Provinsi Bali Ir. Putu Astawa menyampaikan apresiasi langkah-langkah cepat yang diambil Pemkab Badung. Yang terpenting Ia menyampaikan, RPJMD Semesta Berencana memiliki indikator yang jelas, terarah dan bertanggung jawab tentu sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya. (humas-badung/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News