Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Praktik politik ala anak-anak dalam pemilihan “presiden” diselenggarakan di SDN 1 Mambang, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Senin (7/8/2017). Kegiatan tersebut pun diatensi piket fungsi jajaran Polsek Selemadeg Timur, yang dipimpin Pawas Aiptu I Gusti Ngurah Putra.

Penggagas kegiatan tersebut, yang juga guru di sekolah tersebut, I Wayan Budi Susila, menyebut pemilu ala anak-anak itu merupakan pengenalan praktik politik yang demokratis, santun, dan harmonis sejak dini kepada para siswa.

Ada beberapa partai versi anak-anak di sekolah itu, antara lain Partai Patriotis, Partai Demokratis, dan Partai Idealis. Masing-masing partai memiliki calon untuk dipilih menjadi presiden, dengan mekanisme aturan pemilihan yang sudah ditetapkan. Disiapkan pula bilik suara untuk pemilihan yang berlangsung umum, bebas, dan rahasia.

“Pemenang ditentukan dari memperoleh suara terbanyak. Selanjutnya akan ditetapkan menjadi presiden sekolah,” ujar Budi Susila.

Baca Juga :  Jadi Alternatif Lembaga PAUD, Layanan SI PRIMA E-Rapor Tunjukkan Komitmen Jangka Panjang

Hal senada diungkapkan Kepala SDN 1 Mambang, Ni Putu Sutami. Dia pun membenarkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan di sekolah yang dipimpinnya itu murni sebagai pengenalan politik sejak dini. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News